Rabu 06 Jul 2022 19:49 WIB

Muslim Fuji Berduka, Presiden Liga Muslim Fiji Wafat

Ratusan Muslim Fiji berikan penghormatan terakhir.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko
Muslim di FIji
Muslim di FIji

REPUBLIKA.CO.ID,  SUVA -- Ratusan Muslim, simpatisan dan teman-teman memberikan penghormatan terakhir lewat shalat jenazah atas wafatnya presiden nasional Liga Muslim Fiji, Hafizud Dean Khan yang dimakamkan di Nadi pada Senin (4/7/2022).

Khan meninggal setelah sakit yang diderita dan cukup singkat di Rumah Sakit Lautoka pada Ahad (3/7). Perpisahan ini menyatukan Fiji dan ekspatriat dari semua lapisan masyarakat.

Baca Juga

Saat menggambarkan mendiang presiden mereka, wakil presiden senior Liga Muslim Fiji, Nisar Ali mengatakan, melayani komunitas Muslim adalah kebanggaan dan kegembiraan Khan. “Sementara dia adalah anggota dari begitu banyak dewan hukum, kepresidenan Liga Muslim Fiji adalah perhiasan di topinya,” kata Ali, dilansir dari laman Fiji Times pada Rabu (6/7/2022).

"Menurutnya, itu adalah panggilan agama dan kewajibannya untuk melayani komunitas Muslim. Dia memastikan bahwa komunitas Muslim kecil itu utuh dan dengan penuh semangat mempromosikan persatuan di antara umat Islam, cabang-cabangnya, anggotanya dan dalam kerangka konstitusinya," lanjutnya.

 

Adapun Khan merupakan pendiri dan ketua Hexagon Group of Companies. Dia memegang beberapa peran, termasuk kursi Senat di Parlemen pada 2005 dan 2006.

Dia juga mantan ketua dewan Perusahaan Fiji Sugar, anggota Dewan Pariwisata Nasional Fiji, Asosiasi Hotel dan Pariwisata Fiji dan dia bertugas di Forum Konsultasi Komisi Layanan Publik. Pada 2017 ia dianugerahi Petugas Ordo Fiji dari presiden Fiji saat itu, Jioji Konrote. Dia berusia 72 tahun.

 “Dia adalah pendukung kuat transparansi dan akuntabilitas semua aset liga,” ucap Ali.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement