Selasa 27 Nov 2012 10:07 WIB

Din Syamsuddin: Perkembangan Muhammadiyah Sangat Signifikan (1)

Rep: Fitria Andayani/ Red: Chairul Akhmad
Ketua Umum PP Muhammadiyah, Din Syamsuddin.
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Ketua Umum PP Muhammadiyah, Din Syamsuddin.

REPUBLIKA.CO.ID, Berusia 100 tahun, Muhammadiyah berharap bisa terus memberikan kontribusi yang positif di tingkat nasional maupun internasional.

Salah satu ormas Islam terbesar di Indonesia ini juga  berusaha untuk terus menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman dan menghadapi tantangan yang menghadang dengan berani.

Muhammadiyah pun mempersiapkan kader-kadernya untuk melanjutkan eksistensi  organisasi ini terutama di bidang kebudayaan, pendidikan, dan ekonomi.

Terkait perkembangan Muhammadiyah saat ini dan harapan perkembangannya ke depan, Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof Dr Din Syamsuddin memaparkannya dalam wawancara khusus dengan wartawan Republika Fitria Andayani di Jakarta, belum lama ini. Berikut petikannya.

Bagaimana perkembangan Muhammadiyah hingga saat ini?

Alhamdulillah, selama perjalanan waktu satu abad ini, dari dalam kami menyaksikan Muhammadiyah mengalami perkembangan yang signifikan. Baik perkembangan organisasi maupun pengembangan amal usaha.

Perkembangan organisasi Muhammadiyah terlihat dari pesatnya pertumbuhan cabang dan jumlah santri baru di seluruh Tanah Air. Hal ini membuat Muhammadiyah menjadi organisasi masyarakat yang paling merata penyebarannya di Indonesia. Tak hanya di provinsi tertentu, tapi juga kabupaten,  dari Sabang hingga Merauke.

Muhammadiyah tidak hanya menjadi fenomena nasional, tapi sudah menjadi fenomena internasional dengan berdirinya cabang-cabang istimewa di 18 negara yang digerakkan oleh WNI yang sedang ada di mancanegara. Selain itu, juga berdiri organisasi-organisasi saudara atau sister organization, yang bernama Muhammadiyah atau tidak.

Walaupun tidak punya hubungan organisatoris dengan Muhammadiyah di Indonesia, cara pengembangan pemahaman Islam serta perjuangan yang dilakukan sama.

Sementara itu, perkembangan amal usaha Muhammadiyah dapat dilihat dari baiknya kondisi lembaga-lembaga yang dimiliki Muhammadiyah. Lembaga-lembaga tersebut telah mampu melakukan berbagai aksi yang signifikan nilainya di sektor pendidikan, kesehatan, sosial, dan ekonomi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement