Jumat 02 Nov 2012 17:04 WIB

Pemerintah Rancang Kloter Khusus Lansia

Rep: Endah Hapsari/ Red: Dewi Mardiani
Calon Jamaah Haji (Illustrasi)
Foto: ANTARA
Calon Jamaah Haji (Illustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Untuk mempermudah layanan terhadap jamaah calon haji lanjut usia (lansia), pemerintah mempertimbangkan adanya kloter khusus untuk lansia.

Menurut Muh Ilyas, Kepala Seksi Kesehatan Daerah Kerja Makkah, sesuai evaluasi pasca-Armina bersama Menteri Agama Suryadharma Ali, untuk penyelenggaraan ibadah haji tahun mendatang, jamaah lansia tetap menjadi prioritas dengan memberikan kuota lebih awal untuk mereka.

"Ada wacana untuk mengelompokkan para jamaah lansia itu dalam satu kloter khusus," ujar Ilyas saat ditemui di Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI) Makkah, Jumat (2/11). Ilyas mengatakan, jika kloter khusus ini akan diterapkan nantinya para jamaah calhaj lansia ini akan dikelompokkan dari setiap embarkasi.

"Memang membutuhkan teknis dan mekanisme tersendiri untuk mengumpulkan para jamaah ini," kata Ilyas. Hanya, lanjutnya, kendala yang akan muncul adalah mereka akan terpisah dari keluarga yang menyertai, terutama jika mereka tergabung dengan KBIH. Menurut Ilyas, pihaknya akan mempertimbangkan agar para jamaah lansia itu tetap disertai pendampingnya. "Mereka tidak akan dibiarkan sendiri," papar Ilyas.

Bagi dia, pengelompokan ini memang ada dampak positif dari sisi layanan karena memudahkan pemantauan pada jamaah lansia. "Namun perlu persiapan tenaga khusus untuk melayani jamaah lansia," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement