Kamis 01 Nov 2012 11:20 WIB

Muslim AS Siap Bantu Korban Badai Sandy

Rep: Agung Sasongko/ Red: Yudha Manggala P Putra
 Dua buah mobil yang tertimpa pohon setelah diterjang Badai Sandy di New York, Selasa (30/10).    (Keith Bedford/Reuters)
Dua buah mobil yang tertimpa pohon setelah diterjang Badai Sandy di New York, Selasa (30/10). (Keith Bedford/Reuters)

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Komunitas Muslim AS tidak tinggal diam ketika badai Sandy memporak-porandakan pantai Timur AS. Mereka menyiapkan bantuan guna diberikan kepada yang membutuhkan.

Zakat Foundation of America, sebuah badan amal Islam terkemuka di AS, telah menggalang sumbangan guna membantu para korban badai Sandy. 

"Jutaan orang tanpa listrik, sekolah telah ditutup, kereta bawah tanah tidak beroperasi dan pekerja diminta untuk berada di rumah," kata juru bicara badan amal tersebut seperti dikutip onislam.net, Kamis (1/11).

Hal serupa juga dilakukan Tim Respon Bencana Amerika (DART) telah menyiapkan bala bantuan guna membantu para korban. Staf dan relawan telah menyiapkan lokasi mengungsi. Kepala badan amal Islam Jamaat-ud-Dawa di Pakistan, Mohammad Saeed mengatakan pihaknya telah menawarkan bantuan kepada para korban. 

"Jika pemerintah AS mengizinkan, kami akan mengirimkan tim dokter, para ahli, makanan dan obat-obatan. Bantuan ini murni atas nama kemanusiaan," kata dia.Saeeed, yang diburu pemerintah India mengatakan adalah kewajiban setiap Muslim untuk membantu setiap orang apapun agamanya yang tengah mengalami kesulitan. 

"Kami diajarkan untuk tidak membeda-bedakan bantuan hanya karena perbedaan agama dan keyakinan," kata dia. Sementara itu, sebagian warga AS terkejut dengan dampak yang disebabkan badai Sandy. Seorang akuntan, Joseph Warburton mengaku kesulitan mendapatkan air bersih dan gas.

"Saya mengalami kesulitan untuk menuju kantor karena banyak jalan masih terhalang pohon dan terowongan," kata dia.

Presiden Barack Obama, yang tengah berusaha mempertahankan jabatannya, akan mengunjungi sejumlah daerah yang terkena dampak para badai Sandy. Sebagai pemandu, ia menunjuk Gubernur New Jersey, Chris Christie, yang merupakan pendukung Mitt Romney. 

sumber : onislam.net
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement