Sabtu 13 Oct 2012 14:58 WIB

Kebersihan Makanan Jamaah Diminta Lebih Terjaga

Rep: Endah Hapsari/ Red: Dewi Mardiani
katering haji
katering haji

REPUBLIKA.CO.ID, MADINAH -- Pemantau penyelenggaraan haji Indonesia dari DPR meninjau sejumlah katering untuk jamaah haji di Madinah, Arab Saudi, Sabtu (13/10). Dalam kesempatan itu, mereka mendatangi dua perusahaan katering. Ketika itu mereka juga sempat mencicipi masakan yang dibuat perusahaan tersebut.

Mereka dipimpin oleh Wakil Ketua DPR, Anis Matta dan disertai 14 anggota DPR lainnya, seperti seperti Chaerunisa, Ganjar Pranowo, Fahri Hamzah, Ina Mariana dan lain-lain.

Anis menilai untuk urusan cita rasa, masakan yang dihasilkan sudah memadai. Hanya, dia meminta agar kebersihan makanan yang dihasilkan lebih terjaga. ‘’Secara cita rasa sebenarnya sudah masuk, tapi sterilitasnya kurang. Apalagi ini bukan makanan dengan sensitivitas yang tinggi sehingga kebersihan harusnya dapat terjaga,’’ kata Anis.

Dia juga mengapresiasi rekrutmen tenaga masak dari Indonesia sehingga cita rasa khas Indonesia dapat tetap terjaga. Sedangkan menanggapi keluhan jamaah yang sempat merasakan menu yang monoton, Anis meminta agar variasi menu nantinya juga bisa masuk dalam kontrak kerja sama dengan perusahaan katering. ‘’Seharusnya ada ragam pilihan yang disediakan,’’ kata dia.

Chaerunisa, anggota DPR yang juga ikut dalam rombongan menambahkan, rombongan anggota dewan yang datang itu berasal dari beberapa komisi. Salah satu yang menjadi tugas utama tim adalah mengawasi pelaksanaan ibadah haji seperti yang dilakukan setiap tahun.

"Kami berada di sini untuk mengawasi dan memantau pelaksanaan haji seperti pemondokan, katering, kesehatan, transportasi baik di Madinah, Makkah, Armina," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement