Sabtu 13 Oct 2012 14:52 WIB

DPR Siapkan Survei Kepuasan Jamaah Tahun Depan

Rep: Endah Hapsari/ Red: Dewi Mardiani
Anis Matta
Anis Matta

REPUBLIKA.CO.ID, MADINAH -- Wakil Ketua DPR, Anis Matta, mengusulkan agar lembaganya melakukan survei kepuasan terhadap jamaah calon haji. ‘’Inilah bentuk tanggung jawab publik DPR,’’ ujar Anis saat berkunjung ke Madinah, Arab Saudi, Sabtu (13/10).

Menurut Anis, survei ini nantinya merupakan bagian dari penyelenggaraan haji juga karena pada akhirnya jamaah sendiri merupakan pengguna utama. Langkah ini, lanjut Anis, tepat dilakukan oleh DPR, karena survei kuantitatif tersebut akan digunakan untuk menyusun kebijakan haji selanjutnya.

Anis juga memastikan, survei seperti itu akan dilakukan tahun depan dan diselenggarakan secara independen oleh DPR. ‘’Pemantauan haji dapat dilakukan pemerintah sedangkan untuk mengetahui tingkat kepuasan jamaah dapat diketahui lewat survei tersebut,’’ ujar Anis.

Dengan survei independen itu, kata Anis, DPR akan mendapatkan rekomendari dari lapangan. ‘’Survei seperti ini nantinya akan mengimbangi dari sisi laporan DPR dan hasil di lapangan. Dengan survei ini, kita akan mendapatkan laporan dari lapangan secara akurat tentang tingkat kepuasan jamaah,’’ ujarnya. Pada akhirnya, lanjut pria yang juga menjabat sebagai Sekjen PKS ini, survei tersebut dapat memperbaiki mutu layanan haji.

Anis Matta sendiri mengunjungi Madinah bersama 14 anggota DPR yang lain, seperti Chaerunisa, Ganjar Pranowo, Fahri Hamzah, Ina Mariana, dan lain-lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement