Kamis 11 Oct 2012 18:45 WIB

Kurban Canggih ala Kaum Urban

Rep: Indah Wulandari/ Red: Chairul Akhmad
Hewan kurban (ilustrasi).
Foto: Antara/M Luthfi Rahman
Hewan kurban (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Idul Adha menjelang sepekan mendatang, berbagai tawaran berkurban datang dari berbagai lembaga.

Konsep menghubungkan antara peternak tradisional di desa, kaum urban, dan komunitas social entrepreneur lewat teknologi coba ditawarkan tiga perusahaan untuk memudahkan kaum urban.

UrbanQurban, proyek kolaborasi antara D!Yours Human Centered Design (HCD), Badr Interactive, dan Twip Studio dirilis Ahad (7/10) lalu. Kaum urban cukup mengklik aplikasi urbanqurban.com untuk aplikasi android dan iPhone.

 “Kami berusaha membantu peternak kambing dan sapi tradisional untuk menembus kelas menengah. Kelas menengah atau kaum urban bergaul akrab dengan teknologi. Oleh karena itu, kami ciptakan inovasi gerakan kolaborasi sosial lewat teknologi,” kata Maestro D!Yours HCD, Fahry Yanuar Rahman, Kamis (11/10).

Selain memberi manfaat, bagi kaum urban yang tidak punya waktu dan akrab dengan teknologi bisa berkurban dengan aman dan nyaman. Niatannya juga membantu pedagang kurban mendapat penghasilan. Sehingga, imbuh Fahry, masyarakat diberdayakan melalui jejaring kewirausahaan.

"Dan yang terpenting, inovasi kolaborasi sosial ini didirikan oleh para pemuda Muslim negeri ini," cetus peraih penghargaan Mandiri Bersama Mandiri (MBM) Challenge kategori Industri Kreatif ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement