Kamis 11 Oct 2012 16:22 WIB

Penggabungan Jamaah Mungkin Ada di Kloter Akhir

Rep: Alicia Saqinajamaa/ Red: Dewi Mardiani
Jamaah calon haji berkumpul di Asrama Haji Pondok Gede untuk didata kelengkapan dokumennya.
Foto: Republika/Agus Supriyanto
Jamaah calon haji berkumpul di Asrama Haji Pondok Gede untuk didata kelengkapan dokumennya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sudah sebanyak 30 kelompok terbang (kloter) jamaah haji Indonesia dari Embarkasi Jakarta, sudah diberangkatkan ke Tanah Suci. Berdasarkan jadwal, adalah calon jamaah haji (calhaj) asal Provinsi Lampung lah yang berangkat terakhir di hari ini, Kamis (11/10) siang tadi.

Wakil Ketua II Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Jakarta, Dimyati RF, mengatakan, jumlah total jamaah calon haji (calhaj) yang sudah berangkat ialah sekitar 12.714 orang. ''Angka tersebut ialah data terbaru yang diterima. Dari laporan itu, sebanyak 28 kloter yang sudah berangkat,'' tutur Dimyati, di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta. Sehingga, belum diketahui pasti berapa total keseluruhan jamaah sampai kloter ke 30.

Untuk calhaj yang hari ini tiba di asrama haji dan sudah masuk pengasramaan, ialah jamaah asal Provinsi asal DKI Jakarta dan merupakan calhaj yang tergabung dalam kloter ke 31. ''Alhamdulillah, calhaj sudah masuk semua (ke gedung-gedung inap),'' ucap Aswad, Kepala Bidang Penerimaan Jamaah PPIH Embarkasi Jakarta.

Dimyati mengatakan, bila berjalan sesuai dengan apa yang direncanakan, total pemberangkatan jamaah dari Embarkasi Jakarta ialah sebanyak 49 kloter. ''Tapi ada kemungkinan hingga 50 kloter,'' ujarnya. Sehingga, sisa pemberangkatan jamaah masih menyisakan 20 kloter untuk diterbangkan.

Dimyati menjelaskan, alasan mengapa ada kemungkinan penambahan satu kloter, dari yang dijadwalkan berjumlah 49 kloter tersebut. ''Sebab biasanya saat-saat akhir sangat mungkin ada jamaah yang mutasi,'' paparnya. Jika ada jamaah yang pindah, dengan begitu jamaah tersebut terdaftar di Embarkasi Jakarta, sehingga jumlahnya pun bertambah.

Lanjutnya Dimyati mengungkapkan, biasanya pula jumlah calhaj pada kloter-kloter terakhir tidak penuh sebanyak jumlah penumpang pesawat dalam satu kloter yaitu, 455 orang. Sehingga, bila situasinya seperti ini, akan ada penggabungan pemberangkatan jamaah dari daerah lain. ''Kalau tahun yang lalu jamaah Jakarta biasanya gabung dengan jamaah asal Solop,'' paparnya. Itu pun terjadi bila calhaj asal Solo berjumlah sedikit pula.

Sementara, total jamaah dari Embarkasi Jakarta bila pemberangkatan berjumlah 50 kloter yaitu sebanyak 22.500 orang, dengan perincian sebanyak 450 jamaah dalam tiap kloter. Pada 19 Oktober adalah kloter terakhir yang masuk di Asrama Haji Pondok Gede. ''Di 20 Oktobernya mereka berangkat ke Tanah Suci,'' imbuh Dimyati.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement