Senin 01 Oct 2012 19:33 WIB

Tak Ambil Miqat di Bir Ali, 45 Calhaj Surabaya Bayar Dam

Rep: heri ruslan/ Red: Taufik Rachman
Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi.
Foto: wayfaring.info
Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID,MAKKAH -- Sebanyak 45 jamaah haji kloter 1 Surabaya yang tiba di Tanah Suci Makkah pada pukul 17.05 Ahad (30/9) tak mengambil miqat di Bir Ali, Madinah.

Akibatnya, mereka harus membayar dam dengan menyembelih satu ekor kambing. Anehnya, mereka baru sadar tak mengambil miqat di Bir Ali setelah selesai menunaikan ibadah umrah.

"Mereka harus membayar dam dua kali, dam haji tamatu dan dam akibat lupa mengambil miqat," ujar Kepala Seksi Bimbingan Ibadah dan Pengawas KBIH, Wahyu Dewarini Dahlan, Senin (1/10).

Jamaah haji yang kelupaan mengambil miqat itu diharuskan mengulang umrahnya dengan mengambil miqat di Taneem, Makkah. "Kami akan berkirim surat ke Madinah agar peristiwa ini tak terulang."

Jamaah, kata dia, harus diingatkan untuk mengambil miqat di Madinah. Selain itu, petugas sektor di Bir Ali harus memastikan agar setiap rombongan jamaah Indonesia mengambil miqat.

Rini mengingatkan agar setiap ketua regu dan rombongan harus mengingatkan rombongannya untuk mengambil miqat.

Satu bus atau rombongan Kloter I Surabaya yang tak mengambil miqat ini belum pernah berhaji. Kemungkinan ketua rombongannya tak mengetahui Bir Ali.

Bir Ali merupakan tempat miqat bagi jamaah haji yang datang dari arah Madinah. Jaraknya, hanya 15 menit dari Madinah.

Di Masjid Bir Ali jamaah mengambil wudhu dan menunaikan shalat sunat. Setelah itu mengucapkan niat umrah, "Labbaik Allahuma Umratan."

Setelah itu, barulah jamaah menempuh perjalanan menuju Makkah dengan bus selama sekitar 7 jam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement