Rabu 29 Aug 2012 16:24 WIB

Masjid Nusretiye, Gaya Arsitektur Baroque Ottoman (3)

Rep: Nidia Zuraya/ Red: Chairul Akhmad
Masjid Nusretiye di Istanbul, Turki.
Foto: skyscrapercity.com
Masjid Nusretiye di Istanbul, Turki.

Menara kembar

Masjid ini memiliki dua menara kembar, masing-masing dilengkapi dengan dua buah balkon.

Kedua menara ini tampak menjulang di belakang kedua unit yang menjorok ke depan tadi. Bentuk menara ini tidak jauh berbeda dengan menara pada bangunan masjid lainnya di zaman Ottoman.

Yang membedakan hanyalah pada dekorasinya. Landasan minaret berbentuk seperti kuncup bunga melati dengan batang menara beralur-alur dan penampang balkon tidak berbentuk lingkaran melainkan segi delapan.

Kubah masjid mengedepankan bentuk penuh setengah bola dan berdiri di atas tambour di mana terdapat deretan jendela yang keseluruhannya berjumlah 20 buah. Di antara masing-masing jendela terdapat semacam pilaster dengan profil tegak berbentuk huruf S.

Jendela-jendela yang terdapat pada bagian kubah ini merupakan contoh terakhir dari pengaturan jendela gaya arsitektur Ottoman klasik. Pada sudut luar dari kubah terdapat semacam kolom, tetapi sangat tebal di bagian luar dan mencuat ke atas.

Kolom tersebut berbentuk seperti kuncup sebuah bunga. Bentuk kolom seperti ini merupakan hal yang baru dan tidak pernah ada sebelumnya.

Bagian dinding masjid bercorakan garis-garis batas pelengkung. Garis-garis batas tersebut dihias tidak saja dengan molding, tetapi juga dengan hiasan geometris, lengkung, bundar-bundaran, dan lain-lain sehingga sangat ramai memenuhi seluruh permukaan bagian-bagian bangunan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement