Senin 27 Aug 2012 08:57 WIB

KH Zaini Ghani, Ulama Kharismatik dari Tanah Banjar (3)

Rep: Nidia Zuraya/ Red: Chairul Akhmad
KH Zaini Ghani.
Foto: blogspot.com
KH Zaini Ghani.

REPUBLIKA.CO.ID, Setamat dari Madrasah Ibtidaiyah Darussalam, Zaini remaja kemudian melanjutkan pendidikan ke Madrasah Tsanawiyah Darussalam, Martapura.

Saat mengenyam pendidikan di sini, ia belajar kepada guru-guru besar yang spesialis dalam bidang keilmuan masing-masing.

Di antara guru-gurunya sewaktu duduk di bangku Madrasah Tsanawiyah Darussalam adalah Sya’rani Arif, Syekh Nashrun Thahir, dan KH Aini Kandangan yang ahli dalam bidang tajwid.

Dan salah satu guru utamanya adalah Syekh KH Syarwani Abdan Al-Banjari yang bermukim di Bangil, Pasuruan.

Semasa hidupnya, ulama asal Sekumpul Martapura ini dikenal luas sebagai sosok ulama yang kharismatik. Dalam berdakwah dan menyebarkan ajaran Islam di wilayah Kalimantan Selatan, Guru Ijai senantiasa menunjukkan sikap yang sangat ramah dan penuh kasih sayang kepada setiap orang.

Karenanya, tak mengherankan jika kegiatan pengajian atau majelis taklim yang diselenggarakan di mushala dekat Masjid Al-Karomah Martapura senantiasa dipenuhi jamaah.

Bahkan, saat shalat fardu lima waktu, jumlah jamaahnya bisa mencapai puluhan ribu orang setiap harinya. Mereka berasal dari berbagai kota yang ingin mendengarkan tausiah dari Guru Ijai, dan kemudian berziarah ke kompleks makam Dalam Pagar, Kelampayan.

Nama Guru Ijai juga dikenal di kalangan luas, baik pejabat pemerintahan, politikus, militer, maupun seniman. Selain sebagai ulama yang ramah dan kasih sayang kepada setiap orang, Guru Sekumpul juga orang yang tegas dan tidak segan-segan kepada penguasa apabila menyimpang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement