Kamis 26 Jul 2012 16:07 WIB

Muslimah Senang Tampil? Inilah Hukumnya Sesuai Islam

Rep: Ferry Kisihandi/ Red: Endah Hapsari
Pakaian Muslimah Australia
Foto: onislam
Pakaian Muslimah Australia

REPUBLIKA.CO.ID, Nabi Muhammad pernah mengatakan, sebaik-baik manfaat yang diperoleh seorang Muslim adalah perempuan yang cantik, yaitu yang membuatnya senang jika dipandang, menurutinya jika diperintah, serta mampu menjaga harta dan dirinya jika ditinggal pergi oleh suaminya.

Perempuan yang mampu menjaga dirinya, salah satunya dilakukan dengan menundukkan pandangan. Menurut Ibnu Qayyim al-Jauziyah, yang dikutip Haya binti Mubarok al-Barik pada bukunya, Ensiklopedi Wanita Muslimah, menundukkan pandangan berarti menunaikan perintah Allah.

Tak ada manusia yang bahagia, kecuali dengan menjalankan perintah-Nya. Menundukkan pandangan akan menguatkan hati, melepaskan hati dari tawanan syahwat, serta mengosongkan hati dari kemaksiatan. Hal lainnya yang bisa dilakukan oleh perempuan adalah tak melakukan tabarruj.

Haya menyatakan, tabarruj adalah tindakan yang seharusnya ditutupi oleh seorang perempuan di hadapan laki-laki yang bukan mahramnya. Itu meliputi perhiasan yang dipakainya serta bagian-bagian dari dirinya yang menawan hati orang lain dan menjurus pada kemaksiatan.

Syekh al-Maududi menjelaskan, tabarruj memiliki beberapa pengertian, di antaranya menampakkan bagian-bagian tubuh yang membangkitkan birahi di hadapan laki-laki yang bukan mahramnya, dan memamerkan diri dan berjalan berlenggak-lenggok di depan lelaki yang bukan mahram.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement