Rabu 11 Jul 2012 22:52 WIB

Masjid Badshahi, Warisan Peradaban Islam di Pakistan (3)

Rep: Nidia Zuraya/ Red: Chairul Akhmad
Ruang shalat Masjid Badshahi Lahore, Pakistan.
Foto: timesofpakistan.pk
Ruang shalat Masjid Badshahi Lahore, Pakistan.

REPUBLIKA.CO.ID, Bagian kaki langit masjid dihiasi dengan ornamen merlon bertatahkan marmer. Sementara berbagai fitur arsitektur, seperti halaman dengan bentuk persegi, lorong-lorong, empat menara pojok, arah kiblat pada ruang shalat dan pintu gerbang yang megah, memperlihatkan kepada kita kekayaan khazanah arsitektur Islam selama ribuan tahun lalu sebelum masjid ini dibangun.

Karenanya, tak mengherankan jika bangunan Masjid Badshahi ini juga menginspirasi sejumlah bangunan masjid di berbagai tempat di dunia.

Di antaranya adalah Masjid Syekh Zayed di Abu Dhabi; Masjid Sir Syed di kompleks Aligarh Muslim University, Uttar Pradesh, India; dan Taj-Ul Masajid di Bhopal, India, yang merupakan salah satu masjid terbesar di Asia.

Di dalam kompleks bangunan Masjid Badshahi juga terdapat sebuah museum kecil. Museum ini memajang berbagai benda-benda peninggalan Nabi Muhammad SAW, Khalifah Ali bin Abi Thalib dan istrinya, Fatimah Az-Zahra.

Dari bangunan istal hingga gudang mesiu

Lahore merupakan kota kedua terbesar di Pakistan. Ibukota Provinsi Punjab ini juga dikenal sebagai kota budaya sejak ribuan tahun lampau.

Konon, Lahore berperan sebagai pusat budaya India bagian utara yang membentang dari Kota Peshawar di barat hingga New Delhi di timur. Kota ini juga sempat menjadi salah satu titik perdagangan jalur sutra di masa lalu.

Setelah Islam masuk ke kawasan Asia Selatan, Lahore berkembang menjadi kota tujuan bagi para penuntut ilmu untuk belajar agama. Kota ini juga menjadi saksi dari sisa-sisa kejayaan Kerajaan Islam Mughal.

Kerajaan Mughal yang mencapai puncak kejayaan antara tahun 1524 hingga 1752, menjadikan Kota Lahore begitu cantik dengan taman, istana, dan masjid-masjid yang memiliki arsitektur khas. Sebut saja salah satunya Masjid Badshahi yang dibangun pada 1673 dan hingga kini masih berdiri megah.

Setelah Islam tidak lagi berkuasa, yang ditandai dengan berakhirnya kekuasaan Dinasti Mughal, beberapa bangunan masjid yang pernah dibangun pada masa Pemerintahan Dinasti Mughal mengalami alih fungsi menjadi gereja, pura, ataupun bangunan lainnya. Termasuk di antaranya adalah Masjid Badshahi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement