Senin 09 Jul 2012 22:47 WIB

Masjid Shah Faisal Islamabad, Laksana Tenda Raksasa (2)

Rep: Nidia Zuraya/ Red: Chairul Akhmad
Masjid Shah Faisal Islamabad, Pakistan.
Foto: Blogspot.com
Masjid Shah Faisal Islamabad, Pakistan.

Pendidikan dan wisata

Setelah resmi digunakan, masjid yang memiliki kapasitas untuk menampung sekitar 74 ribu jamaah ini juga dijadikan sebagai pusat kegiatan Universitas Islam Internasional yang ada di Ibukota Pakistan ini.

Pusat kegiatan universitas mencakup ruang penelitian, perpustakaan, museum, ruang perkuliahan, kafetaria, ruang senat, dan fakultas serta asrama yang mampu menampung 700 mahasiswa.

Di samping menjadi pusat pendidikan, lokasi tempat berdirinya Masjid Shah Faisal ini juga merupakan salah satu tempat tujuan wisata.

Keberadaan makam Muhammad Zia-ul-Haq, mantan Presiden Pakistan, di dekat bangunan masjid ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Tidak hanya jamaah masjid, tetapi juga wisatawan dari berbagai negara di dunia. Keberadaan makam Zia-ul-Haq ini juga memberikan dampak positif bagi industri pariwisata di Islamabad.

Masjid Shah Faisal semula terletak di kawasan yang jauh dari pemukiman. Namun, kini di lokasi tempat masjid berdiri sudah banyak bangunan untuk menarik wisatawan yang sengaja berkunjung ke masjid.

Kendati terbuka untuk kunjungan wisata, pihak pengelola Masjid Shah Faisal memberlakukan sejumlah aturan bagi para pengunjung. Para wisatawan yang berkunjung ke Masjid Shah Faisal diharuskan melepaskan alas kaki mereka di depan pintu masuk area masjid.

Selain itu, para pengunjung juga harus mengenakan pakaian yang sopan dan menutupi tubuh mereka, kecuali tangan dan kepala untuk laki-laki. Sementara itu, pengunjung perempuan harus mengenakan selendang yang menutupi rambut mereka.

Ide Sang Raja Arab

Ide membangun masjid yang terletak di Islamabad, Pakistan, ini bermula pada tahun 1966. Saat itu, Raja Faisal bin Abdul Aziz dari Arab Saudi mengadakan lawatan ke Islamabad.

Melihat potensi letak geografis Pakistan kala itu, sang raja kemudian mengusulkan Pemerintah Pakistan untuk membangun sebuah masjid baru yang dapat menjadi ikon kota tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement