Ahad 24 Jun 2012 10:45 WIB

Yang Esa dan Yang Majemuk (1)

Ilustrasi
Foto: multiply.com
Ilustrasi

Oleh: Prof Dr Nasaruddin Umar

Alam ini sama sekali tidak bisa dibandingkan dan dihubungkan dengan kemahamuliaan Allah.

Siapa sebenarnya Yang Mahaesa itu? Siapa pula yang majemuk itu? Apakah yang banyak dan yang majemuk itu manifestasi (tajalli), refleksi (faidh), atau ciptaan (makhluk) Yang Mahaesa? Atau, ketiga-tiganya?

Pertanyaan yang amat mendasar ini berusaha dijawab oleh para filosof/mutakallimin dan para sufi. Bagaimana pendapat mereka tentang hal ini? Adakah titik temu antara keduanya?

Berawal ketika Allah SWT berkehendak untuk melihat esensi nama-nama atau diri-Nya maka Dia mewujudkan alam (hadis sudah dibahas dalam artikel terdahulu). Allah SWT dalam esensinya sebagai al-Ahad sama sekali tidak ada hubungannya dengan nama dan sifat.

Dia Mahaindependen, Mahakuasa, Mahamandiri. Akan tetapi, “ketika Allah SWT berkehendak untuk melihat diri-Nya sendiri (lihat hadis di atas), maka Ia memanifestasikan diri melalui proses emanasi sakral (al-faidh al-aqdas) kemudian muncul nama-nama-Nya dalam level maqam Wahidiyyah di dalam apa yang pernah disebut dengan al-A’yan al-Tsabitah (lihat artikel terdahulu).

Esensi nama-nama itu tidak lain adalah esensi-Nya sendiri. Dalam bahasa Ibnu Arabi, Allah SWT (al-Haq) berkehendak untuk melihat diri-Nya melalui nama-nama-Nya. Nama-nama itu kemudian menuntut aktualisasi lalu terwujudlah alam ini.

Kategori alam ialah sudah berada di luar dari al-A’yan al-Tsabitah atau alam sudah berada di level al-A’yan al-Kharijiyyah, karena itu alam sudah menjadi realitas aktual yang oleh para sufi disebut al-kaun sebagai istilah lain dari al-khalq dan para filosof atau mutakallimin disebut al-wujud sebagai istilah lain dari al-makhluq.

Para sufi memandang alam (al-kaun/al-khalq) tidak bisa dipisahkan dengan Allah SWT (al-Haq), karena alam merupakan manifestasi Ilahi melalui proses emanasi lanjutan (al-ta’ayyun al-tsani).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement