Sabtu 02 Jun 2012 18:00 WIB

Rahasia Basmalah: Rahasia tanpa Alif sesudah Ba (1)

Ilustrasi
Foto: miftakh.com
Ilustrasi

Oleh: Prof Dr Nasaruddin Umar

Dalam artikel terdahulu dibahas misteri titik di bawah huruf ba. Dalam artikel ini akan dijelaskan misteri tanpa penulisan hurus inti alif sesudah huruf ba.

Sehingga tertulis bersambung menjadi bismillah, bukan bi ismillah, sebagaimana lazimnya dalam ilmu penulisan bahasa Arab ('ilm rasm), misalnya ayat iqra' bi ismi Rabbik. Terdapat berbagai macam pendapat ulama tentang hal ini.

Dalam kitab Majma' Al-Bayan dijelaskan sebagian dari mukjizat Alquran. Kitab ini menghubungkan jumlah kata ism terulang sebanyak 19 kali dalam Alquran.

Kalau ada alif mendahului kata ism, kata ism tidak lagi sesuai dengan angka 19 dan jumlah huruf basmalah tidak lagi 19 melainkan bertambah satu, 20.

Jumlah huruf basmalah (Bismillahirrahmanirrahim) jika ditulis dalam bahasa Arab berjumlah 19 huruf. Setiap kosakata yang digunakan di dalamnya berhubungan dengan angka 19. Kata ism terulang 19 kali, ar-Rahman 57:19=3, ar-Rahim 114:19=6, Allah 2697:19=142.

Ingat teori Rashad Khaifah yang mengatakan Alquran menggunakan rumus 19, sebagaimana disebutkan dalam QS Al-Muddatsir 74: 30 (Wa 'alaiha tis'ata 'asyar/Di atasnya ada sembilan belas). (Samikh 'Athif Al-Zain, Majma' Al-Bayan Al-Hadits, tafsir Mufradat Alfadh Al-Qurán Al-karim, h 34).

Penjatuhan (hadzf) huruf alif di dalam ayat itu sudah sesuai dengan tradisi bahasa Alquran, seperti tiga kali terulang bentuk kata seperti ini, yakni QS Al-Fatihah: 1, An-Naml: 30, dan Hud: 41.

Penjelasan senada juga disampaikan Abd Allah ibnu Husain Al-Akbary dalam At-Tibyan fi I'rab Al-Qur'an. Al-Razi dalam At-Tafsir Al-Kabir juga berpendapat bahwa pembuangan huruf alif sebelum kata ism hanya urusan teknis bahasa Arab.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement