Selasa 28 Feb 2012 20:19 WIB

Ormas Keagamaan Dinilai Belum Seragam

Rep: Ahmad Reza Safitri/ Red: Chairul Akhmad

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ketua Pimpinan Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia (MIUMI), Hamid Fahmi, menilai bahwa organisasi Islam yang telah lama berkembang belum sepenuhnya dapat menjawab seputar permasalahan yang kini terjadi.

Selain itu, pihaknya pun menilai bahwa keseragaman organisasi keagamaan pun belum diwujudkan. Padahal, kata dia, ormas-ormas tersebut sejatinya dapat memberikan titik terang dari persoalan yang ada.

Tapi sejumlah fatwa yang seharusnya menjadi solusi, menurut MIUMI, malah belum tersosialiasikan dengan baik. “Internal pun belum sepenuhnya sampai,” ujarnya saat jumpa pers sebelum acara Deklarasi MIUMI, di Grand Sahid Jaya, Selasa (28/2) malam.

Selain itu, kata Hamid, fatwa yang selama ini ada pun hanya baru memakai dasar studi literatur saja. Padahal, fakta-fakta yang ada di lapanganlah yang seharusnya menjadi pedoman. Karena itu, MIUMI akan menjadi lembaga keagamaan yang berperan dalam tiga hal.

Pertama, jelas dia, meriset ulang fatwa-fatwa yang telah dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). Kedua, memberikan sosialisasi terhadap hasil fatwa yang telah diuji pihaknya. Ketiga, yakni membantu MUI dan lembaga Islam lainnya untuk menegakkan fatwa yang ada.

Sekretaris Jenderal MIUMI, Bahtiar Nasir, mengatakan MIUMI sekaligus akan merevitalisasi lembaga-lembaga keagamaan yang telah ada. Pasalnya, kata dia, sejumlah perbedaan kerap terjadi walaupun memilki basis organisasi yang sama, yakni Islam. “Seharusnya penetapan hari raya ataupun Ramadhan tidak perlu berbeda,” ujarnya.

Namun, pihaknya tidak ingin disebut sebagai penyaing lembaga yang telah ada. Tapi malah melengkapi yang sudah ada, yakni dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang dirasa belum dilakukan.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement