Rabu 09 Nov 2011 15:13 WIB

Alhamdulillah, Populasi Muslim Israel Meningkat

Rep: Agung Sasongko/ Red: Chairul Akhmad
Kawasan pemukiman dekat Har Homa, Israel Timur.
Foto: AP
Kawasan pemukiman dekat Har Homa, Israel Timur.

REPUBLIKA.CO.ID,  TEL AVIV – Populasi Muslim di Israel terus mengalami kenaikan satu dekade terakhir. Bahkan tingkat pertumbuhannya merupakan yang tertinggi.

 

Data Biro Pusat Statistik Israel (CBS) menyebutkan populasi Muslim Israel pada 2010 mencapai 1.32 juta jiwa. Kebanyakan Muslim Israel menetap di Utara Israel. Sementara, seperempatnya menetap di Yerussalem, di mana di kawasan ini Muslim Israel menjadi Mayoritas.

 

Seperti dikutip dari situs resmi CBS, Rabu (9/11), selama satu dekade terakhir populasi Muslim Israel meningkat 30 persen dengan tingkat pertumbuhan sekitar 2.7 persen per tahunnya.

 

Namun, laporan CBS mencatat sejalan dengan tren yang dominan di Eropa dan dunia Barat, tingkat kesuburan wanita Muslim di Israel telah menurun selama empat tahun terakhir. Penurunan paling menonjol dalam angka kesuburan terjadi pada perempuan dengan rentang usia 25-34.

 

Meski demikian, tingkat kesuburan di kalangan Muslim Israel tetap tinggi dibandingkan dengan negara-negara Muslim lain di kawasan Timur Tengah yakni, Suriah (3,8 persen), Yordania (3.7 persen), Mesir (3,2 persen)dan Iran (2,5 persen).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement