Senin 31 Oct 2011 07:09 WIB

3.700 Perusahaan Haji Palsu Telah Dilaporkan

Rep: Dwi Murdaningsih/ Red: Krisman Purwoko

REPUBLIKA.CO.ID,JEDDAH--Kementerian Haji menerima 3.700 keluhan tentang perusahaan haji palsu. Jamaah melaporkan melalui layanan bebas pulsa yang disediakan oleh pemerintah Arab di nomor 8002444480 .

 

Menurut menteri haji, Dr Fuad Bin  Abdulsalam Al-Farsy, suatu sistem elektronik telah dipasang untuk mendeteksi setiap pelanggaran oleh perusahaan haji dan organisasi. Pelanggaran yang dilaporkan akan ditangani melalui sistem.

Di tahun lalu, 19.000 jamaah umrah gagal pulang. Angka ini merupakan penurunan yang sangat drastis mengingat jamaah umrah di musim umroh tahun lalu hampir mencapai lima juta jamaah. Pada 2005, ada 480.000 lebih jamaah yang tak bisa pulang.

Al-Farsy memperingatkan bahwa pemerintah "tidak akan ragu" untuk mengambil tindakan tegas terhadap perusahaan penerbangan yang tidak konsisiten dengan jadwal kedatangan dan jadwal kepulangan ke negara asal. "Ada 12 program haji yang berjalan di tahun ini dan kami akan terus  meningkatkan teknologi yang digunakan untuk haji (demi pelayanan yang lebih baik)," ujar dia. 

 

 

 

sumber : saudigazette
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement