Senin 10 Oct 2011 08:28 WIB

Tiga Calhaj Banjar Batal Berangkat

REPUBLIKA.CO.ID,MARTAPURA--Tiga jamaah calon haji asal Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan batal berangkat ke tanah suci akibat dinyatakan positif hamil saat pemeriksaan kesehatan di Puskesmas setempat.

"Hasil pemeriksaan kesehatan di Puskesmas, dua jamaah wanita positif hamil sehingga keberangkatan jamaah bersangkutan dibatalkan," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjar, Quswini di Martapura, Senin.

Ia mengatakan, berkurangnya tiga jamaah calon haji tersebut mengurangi kuota jamaah kabupaten setempat yang semula sebanyak 451 orang menjadi 448 orang dan seluruhnya dipastikan siap berangkat.

"Sejauh ini, jumlah jamaah yang siap berangkat tidak berubah yakni 448 orang, dimana 69 orang di antaranya sudah berangkat ikut rombongan kelompok terbang dua yang diberangkatkan Minggu (9/10)," ungkapnya.

Dikatakan, pemeriksaan terhadap jamaah calon haji yang dilakukan petugas kesehatan pada Puskesmas yang ditunjuk lebih ketat, baik terkait kondisi kesehatan maupun kehamilan.

Hal itu dilakukan untuk mengecek kesiapan fisik jamaah disamping mencegah lolosnya jamaah yang hamil, karena tidak dibolehkan berangkat haji, jika kandungannya tidak memenuhi syarat usia kehamilan.

"Pemeriksaan kesehatan termasuk kehamilan lebih ketat karena kami tidak ingin jamaah bermasalah atau batal berangkat saat pemeriksaan di embarkasi haji dinyatakan hamil," ujarnya.

Ditambahkan, jamaah calon haji Kabupaten Banjar yang berjumlah 448 orang tidak utuh berangkat dalam satu kelompok terbang, tetapi terpisah menjadi tiga kelompok terbang bergabung dengan jamaah daerah lain.

Sebanyak 69 jamaah tergabung dengan jamaah dari Kota Banjarbaru dan Banjarmasin dalam kloter dua yang sudah diberangkatkan dari Embarkasi Haji Banjarmasin menuju Jeddah Minggu (9/10) pukul 17.45 Wita.

Jamaah lainnya sebanyak 23 orang tergabung di kloter delapan bersama jamaah dari Kabupaten Kotabaru dan Tanah Bumbu berangkat yang diberangkatkan ke tanah suci, Kamis (20/10).

"Satu kuota penuh yang seluruhnya jamaah Kabupaten Banjar sebanyak 320 orang tergabung dalam kloter 12 yang dijadwalkan berangkat Rabu (26/10)," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement