Selasa 13 Sep 2011 11:26 WIB

Nah Lho... Garuda Tolak Angkut JCH Jambi ke Embarkasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAMBI - Perusahaan penerbangan Garuda Indonesia telah menyatakan menolak tawaran tawaran Kanwil Kementrian Agama Provinsi Jambi untuk melayani angkutan jemaah calon haji menuju embarkasi.

Kepala Bidang Urusan Haji Kanwil Kementrian Agama Provinsi Jambi Herman, di Jambi, Selasa mengatakan, pihaknya sudah mengajukan penawaran pada empat maskapai, yakni Garuda Indonesia, Lion Air, Sriwijaya Air dan Batavia Air untuk melayani angkutan jemaah calon haji (JCH) Jambi ke embarkasi.

"Dari empat maskapai itu baru satu yang memberikan jawaban yakni Garuda Indonesia yang menyatakan menolak melayani angkutan CJH Jambi menuju embarkasi Batam," katanya.

Herman mengatakan, pihaknya tidak mengetahui alasan pasti penolakan dari maskapai milik pemerintah itu, kemungkinan disebabkan kekurangan armada. Tiga maskapai lainnya, yakni Batavia Air dan Sriwijaya Air menurut rencana akan memberikan jawaban pada hari ini Selasa (13/9), sementara dari Lion Air juga belum ada jawaban.

Herman mengharapkan pihak maskapai secepatnya merespon dan memberikan keputusan, karena pada 1 Oktober 2011 JCH harus sudah sampai di asrama haji Batam atau embarkasi. Calon haji dari wilayah timur Provinsi Jambi kecuali Kabupaten Tanjung Jabung Barat meliputi Kota Jambi, Kabupaten Muarojambi, Batanghari, dan Tanjung Jabung Timur diberangkatkan ke embarkasi Batam menggunakan pesawat.

Khusus calon haji dari Kabupaten Tanjung Jabung Barat diberangkatkan ke embarkasi Batam menggunakan kapal cepat, karena di daerah tersebut terdapat pelabuhan penumpang yang melayani rute Kuala Tungkal-Batam.

Menyinggung keberangkatan dan daerah embarkasi calon haji Jambi, ia mengatakan, kloter dan jadwal keberangkatan JCH Jambi mendapat kehormatan pada gelombang pertama, baik lewat embarkasi Batam maupun Padang, Sumbar.

Khusus bagi calon haji Jambi untuk daerah embarkasi sama dengan tahun sebelumnya, yakni dibagi dua meliputi wilayah barat lewat embarkasi Padang dan wilayah timur lewat Batam, Kepulauan Riau.

Wilayah timur meliputi Kota Jambi, Kabupaten Batanghari, Muarojambi, Tanjung Jabung Barat dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur lewat embarkasi Batam. Sementara, wilayah barat meliputi Kabupaten Kerinci, Merangin, Sarolangun, Tebo dan Kabupaten Bungo lewat embarkasi Padang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement