Sabtu 25 Jun 2011 08:53 WIB

Meningkat dari Tahun Lalu, Jamaah Umroh di Saudi Dekati 3 Juta Orang

REPUBLIKA.CO.ID, JEDDAH - Kementrian Haji Arab Saudi mengatakan antara 19 Januari, awal musim Umrah, hingga pekan lalu bulan Juni, jumlah jamaah meningkat 34 persen lebih tinggi dibanding periode yang sama tahun lalu.

Sekitar 2,84 juta jamaah telah datang untuk melakukan ibadah Umroh tahun ini, menurut laporan yang dikeluarkan oleh Kementrian. Itu masih belum semua, sebab kantor-kantor kedutaan dan konsulat Saudi di luar negeri dilaporkan telah mengeluarkan visa Umroh sebanyak 3,6 juta untuk periode tersebut.

Menurut laporan, warga Iran berkontribusi hampir 21 persen dari total penerima visa Umroh. Mesir berada di urutan kedua dengan 14,53 persen, disusul Turki dengan 9,99 persen.

Laporan juga mengatakan sekitar 246.754 jamaah dari sejumlah bangsa masih berada di kerajaan tersebut untuk menuntaskan ritual Umroh mereka dan mengunjungi Madinah untuk berdoa di masjid Nabawi.

Semula petinggi perusahaan layanan Umroh merasa skeptis dengan kesuksesan ibadah Umrah musim ini. Pasalnya kerusuhan politik melanda di sejumlah negara bermayoritas penduduk Muslim di Timur Tengah dan situasi itu dikhawatirkan menghambar perjalanan calon jamaah.

Namun dengan angka tersebut, mereka optimis jumlah jamaah akan menembus angka 4 juta orang yang berarti melampaui catatan tahun lalu. Jumlah jamaah Umroh juga diharapkan meningkat terutama saat Ramadan mengingat saat itu banyak Muslim menginginkan melakukan ibadah selama bulan suci tersebut.

sumber : Arabnews
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement