Ahad 24 Apr 2011 11:52 WIB

Kemenag DKI Luncurkan 'Gemmar Mengaji'

Rep: c13/ Red: Agung Vazza
Masjid At Tin. Ilustrasi.
Foto: Republika
Masjid At Tin. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA —  Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) DKI Jakarta akan meluncurkan ‘Gerakan Maghrib (Gemmar) Mengaji’ khusus bagi warga Ibu Kota. Kegiatan ini akan digelar di Masjid At Tin Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Selasa (26/4).

Pemilihan Masjid At Tin, kata dia, At Tin karena gerakan yang dulunya berupaya pengajian kitab kuning bagi remaja itu harus dimulai di masjid dan Masjid At Tin letaknya sangat strategis sebab dikenal banyak orang.

Kepala Kanwil Kemenag DKI Jakarta Sutami mengatakan, peluncuran Gemmar Mengaji akan dijadikan momentum untuk membumikan lagi tradisi baca Alquran seusai waktu shalat Maghrib yang telah lama hilang dikalangan warga DKI Jakarta. Menurut dia, peluncuran Gemmar Mengaji akan dihadiri Dirjen Binmas Islam Kementerian Agama (Kemenag) Nasaruddin Umar, dan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo.

Serta, setidaknya 1.500 undangan dari pimpinan majelis taklim, organisasi masyarakat (ormas) Islam, pejabat Kemenag dan Pemprov DKI Jakarta, ikut hadir menyemarakkan acara itu. “Mereka hadir agar gaung Gemmar Mengaji dapat terus berlanjut, tak hanya berhenti pada seremonial belaka,” kata Sutami, Ahad (24/4).

Dikatakannya, remaja hingga anak kuliahan Muslim di DKI Jakarta tingkah lakunya cenderung semakin jauh dengan nilai-nilai keislaman. “Dengan Gemmar Mengaji diharapkan remaja nanti terbiasa membaca Alquran maupun memperdalam ilmu keagamanan.”

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement