Sunday, 10 Safar 1442 / 27 September 2020

Sunday, 10 Safar 1442 / 27 September 2020

Paket Ramadhan IZI Susuri Lautan ke Kampung Nelayan

Kamis 24 May 2018 14:07 WIB

Red: Friska Yolanda

IZI salurkan Paket Ramadhan ke Kampung Nelayan, Sumatra Utara.

IZI salurkan Paket Ramadhan ke Kampung Nelayan, Sumatra Utara.

Foto: Humas IZI
Paket Ramadhan disambut meriah oleh warga.

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Perwakilan Sumatera Utara (Sumut) menyalurkan 95 paket sembako di salah satu lokasi Kampung Ramadhan yakni Kampung Nelayan, Lingkungan XII, Kecamatan Medan Belawan, Rabu (23/5).

Jumlah penduduk warga kampung nelayan berkisar 600 Kepala Keluarga (KK) atau dengan total 2.250 warga. Mata pencariaan warga di Kampung Belawan mayoritas bekerja sebagai nelayan yang penghasilannya mencapai Rp. 800.000 setiap bulannya.

Perjalanan menuju Kampung Ramadhan membutuhkan waktu dua jam dari Kota Medan. Kampung Nelayan Belawan ini persis terletak di pesisir pantai yang benar-benar jauh dari akses ke lokasi umum. Banyak penduduk yang tinggal di sekitarnya. "Untuk menuju permukiman penduduk kampung nelayan yang berada di seberang lautan saja harus menaiki perahu bermotor sederhana yang banyak tertambat disepanjang dermaga. Belum lagi akses jalan yang rusak membuat Tim IZI perlahan melewatinya. Jadi sudah tak perlu ditanya apa resiko yang akan diterima para warga yang hidup di pesisir laut, yang mereka pikirkan adalah "makan apa hari ini." ujar Kepala Perwakilan IZI Sumatera Utara, Muhammad Iqbal Farizi. 

photo
Paket Ramadhan IZI sampai di kampung nelayan.

Sesaat Tim IZI tiba di lokasi, mereka disambut antusias oleh warga setempat. Acara penyaluran yang diakhiri pelaksanaan shalat tarawih bersama tersebut dilaksanakan di Masjid Baiturrahman.

"Oleh karenanya mengapa kami memilih Kampung Nelayan Belawan tersebut sebagai lokasi Kampung Ramadhan IZI di Sumatera Utara karena untuk akses ke sana saja begitu sulit, belum lagi mahalnya biaya ongkos bila ke kota, sementara penghasilan penduduk setempat disana terbilang kecil," kata Iqbal.

Hal tersebut turut ditanggapi oleh Ketua RT setempat. Safaruddin namanya. Pihaknya mengungkapkan rasa syukur dan haru atas bantuan IZI yang turut menyelimuti warga Kampung Nelayan. 

"Alhamdulillah kami sangat bersyukur. Terimakasih IZI atas perhatian dan bantuannya. Semoga kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan pada bulan Ramadhan ini menjadi jalan hidayah dan bermanfaat bagi warga Kampung Nelayan, serta menambah keimanan dan ketakwaan kita semua kepada Allah SWT, semoga Allah membalas segala kebaikan yang diberikan hari ini baik bagi IZI dan utamanya kepada para donatur," ungkap Safaruddin.

Dalam acara tersebut, para relawan Kampung Ramadhan turut menyerahkan Paket Sembako Ramadhan kepada para warga. Adapun paket Ramadhan selama sebulan tersebut berisi berbagai bahan kebutuhan pokok serta perlengkapan sholat seperti beras 5 kg, gula 2 kg, minyak 2 liter, tepung terigu 2 kg, bubuk the, sirup, dan roti untuk berbuka puasa.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA