Kamis 23 Feb 2017 16:06 WIB

Penciptaan Adam Mengantar Jeffrey Lang Menjadi Muslim

Rep: Syahruddin el-Fikri/ Red: Agung Sasongko
Jeffrey Lang
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Alquran

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai seorang pakar dalam bidang matematika dan dikenal sebagai seorang peneliti, penjelasan yang didapatkannya tidak langsung ia percayai begitu saja. Ia meneliti dan menelaah secara lebih mendalam ayat-ayat Alquran.

Beberapa ayat yang membuatnya kagum dan telah membandingkannya dengan ajarannya yang lama adalah ayat 30-39 surah Albaqarah tentang penciptaan Adam. 

Dalam bukunya Losing My Religion: A Call for Help, Jeffrey Lang secara lengkap menjelaskan pergulatannya dalam memahami ayat 30-39 surah Albaqarah tersebut.

 

''Saya membaca ayat tersebut beberapa kali, tak tak kunjung sanggup menangkap apa maksud Alquran,'' ujarnya.

''Bagi saya, Alquran sepertinya sedang menyampaikan sesuatu yang sangat mendasar atau mungkin keliru. Lalu, saya membacanya lagi secara perlahan dan saksama, baris demi baris, untuk memastikan pesan yang disampaikan,'' lanjutnya.

 

Ketika membaca ayat ke-30 surah Albaqarah, ''Dan, ingatlah ketika Tuhanmu berkata kepada Malaikat, 'Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi.' Malaikat berkata, 'Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi, mereka adalah orang-orang yang akan membuat kerusakan dan menumpahkan darah. Padahal, kami senantiasa bertasbih dengan memuji dan menyucikan Engkau?' Allah berfirman, 'Sesungguhnya, Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui'.''

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement