Tuesday, 15 Syawwal 1440 / 18 June 2019

Tuesday, 15 Syawwal 1440 / 18 June 2019

Keistimewaan Persaudaraan

Jumat 06 Oct 2017 19:00 WIB

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Agung Sasongko

Surga (ilustrasi)

Surga (ilustrasi)

Foto: blogspot.com

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ustaz Oemar Mita dalam kajian Islam tentang Persaudaraan, di Masjid Nurul Amal, Pasar Minggu, Jakarta, belum lama ini, mengajak seluruh umat Muslim agar mencontoh Rasulullah serta menjalankan semangat persaudaraan yang tertuang dalam Alquran dan hadis.

"Semangat Alquran dan sunah bagaimana kita dipersaudarakan dan dipertemukan dalam iman," kata Ustaz Mita menegaskan.

Ustaz Mita menambahkan, persaudaraan merupakan hal yang sangat dibenci oleh iblis. Rasulullah, kata dia, pernah menyampaikan iblis pernah putus asa untuk tidak mendirikan patung-patung berhala di Makkah. Namun, iblis tidak akan pernah putus asa untuk menjadikan umat manusia saling bermusuh-musuhan.

Bersaudara antara sesama ma nusia yang dibalut dengan ke imanan dan ketakwaan, kata Ustaz Mita, sangat penting. Dia mengungkapkan ada banyak keistimewaan dari persaudaraan yang berlandaskan iman dan takwa.

Salah satunya bahwa persaudaraan tersebut adalah Allah secara langsung yang mempersaudarakan umat manusia. Para ulama juga telah bersepakat bah wa Allah yang menyuruh umat manusia agar bersaudara.

Untuk itu, bersaudara merupakan bentuk menjalankan perintah Allah. Sehingga, kata dia, Allah pun akan memberikan ganjaran besar bagi mereka yang melaksanakan kewajibannya.

"Allah akan mempertemukan di dunia dan akhirat. Allah senang apabila bertemu talinya de ngan iman semata mata karena Allah. Orang bertemu karena Allah. Sesungguhnya itu merasakan kenikmatan. Orang bertemu berpisah karena Allah. Kelak akan dipertemukan kembali," kata dia.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

 

BERITA LAINNYA