Senin, 15 Ramadhan 1440 / 20 Mei 2019

Senin, 15 Ramadhan 1440 / 20 Mei 2019

Pendidikan Islam Berasrama Perlu Modernisasi

Kamis 10 Apr 2014 15:43 WIB

Rep: Amri Amrullah/ Red: Chairul Akhmad

Pendidikan Islam sistem boarding school (ilustrasi).

Pendidikan Islam sistem boarding school (ilustrasi).

Foto: Republika/Agung Supri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Lembaga pendidikan seperti boarding school atau asrama merupakan karakter yang telah melekat dalam model pendidikan Islam.

Beberapa model lembaga pendidikan asrama seperti pondok pesantren dan ma'had telah ada di Indonesia jauh sebelum Indonesia mengenal sistem sekolah seperti saat ini.

Akan tetapi, model sistem asrama dalam sebagian besar pendidikan Islam ini belum mampu menjawab tantangan perkembangan zaman. Karenanya, beberapa pakar dunia pendidikan Islam memandang perlu modernisasi sistem pendidikan Islam model asrama ini.

Pengamat Pendidikan Islam Tuty Alawiyah memandang, sistem boarding school dalam pendidikan Islam masih banyak yang belum tersentuh modernisasi.

Sebagian lembaga pendidikan Islam, model boarding school atau pesantren ini seringkali hanya memainkan peran pada sisi spiritual dan moralitas. “Tanpa melihat sisi kebutuhan keilmuan secara global ke depan,” ujarnya, Kamis (10/4).

Tuty pun menyambut baik upaya Direktorat Madrasah Kementerian Agama (Kemenag) yang akan mengembangkan madrasah model kurikulum asrama. Menurut dia, sistem pendidikan asrama ini memang perlu diperluas bukan hanya dikhususkan pada pondok pesantren, tapi juga model madrasah.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA