Jumat 22 Dec 2017 17:30 WIB

Jilbab dan Ragamnya

Muslimah (ilustrasi)
Foto: Prayogi/Republika
Muslimah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA  -- Perempuan Muslim wajib mengenakan jilbab untuk menutup auratnya. Jilbab yang dikenakan mereka memiliki bentuk dan istilah yang beraneka. Ada bentuk jilbab yang menutup seluruh bagian tubuh kecuali wajah dan telapak tangan. Namun, ada pula yang lebih dari itu, yaitu menutup seluruh tubuh juga wajah. Berikut bentuk-bentuk jilbab itu:

1. Hijab

Kata hijab berasal dari bahasa Arab tudung dan istilah ini digunakan untuk menggambarkan jilbab yang digunakan perempuan Muslim. Jilbab ini memiliki beragam gaya dan warna. Jenis jilbab ini banyak digunakan, termasuk di Barat berbentuk kain segi empat yang menutupi bagian kepala dan leher, sedangkan bagian muka terbuka.

 

2. Niqab

Niqab merupakan kain untuk menutupi bagian muka. Namun, area di sekitar mata masih tetap terlihat. Biasanya, digunakan untuk melengkapi jilbab. 

3. Burka

Dengan menggunakan burka, seorang perempuan Muslim menutup seluruh bagian wajah dan tubuhnya. Di bagian wajahnya, terdapat semacam kain kasa yang berfungsi untuk melihat.

4. Al-Amira

Jenis jilbab ini terdiri atas dua bagian, yaitu kain penutup kepala yang biasanya terbuat dari katun atau polyester dan kain yang menutup leher dan bagian dada.

5. Shayla

Shayla berbentuk kain panjang berbentuk segi empat yang populer di wilayah Teluk. Kain ini menutup bagian kepala dan dilipat atau dikaitkan di bagian bahu.

6. Khimar

Khimar adalah jilbab yang berbentuk mantel tanpa lengan yang menjuntai ke bawah hingga di atas pinggang. Khimar yang dikenakan perempuan Muslim menutup rambut, leher, dan seluruh bagian bahunya, tetapi membiarkan bagian wajah tetap terbuka.

7. Chador

Biasanya, chador dipakai oleh perempuan-perempuan di Iran ketika mereka berada di luar rumah. Chador berbentuk jubah panjang yang menutup seluruh bagian tubuh. Sering kali perempuan yang mengenakan chador menggunakan jilbab kecil sebagai pelapis kedua di bawah chador.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement