Ahad 29 Nov 2015 21:21 WIB

Kapan Islam Pertama Kali Tiba di Selandia Baru?

Rep: c38/ Red: Agung Sasongko
Pemuda Muslim Selandia Baru
Foto: newswire
Pemuda Muslim Selandia Baru

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Muslim pertama Keberadaan Muslim di negara itu pertama kali tercatat dalam sensus pemerintah April 1874.  Ada 15-17 penambang emas Muslim Cina di Pulau Selatan.

Namun, tidak banyak yang diketahui mengenai para imigran ini. Mereka diasumsikan pindah ke Aus tralia atau kembali ke Cina.

(Baca: Selandia Baru Negara Paling Islami di Dunia)

Keberadaan mereka tidak terlacak lagi dalam sensus tahun berikutnya. Sensus baru menunjukkan peningkatan jumlah Muslim pada dekade 1990-an. Pada 1890-an, beberapa pria Muslim Punjabi bermigrasi ke Pulau Utara. Pada 1900, ada beberapa Muslim tiba dari Gujarat, disertai keluarga dan anggota kerabat.

 

Gelombang kedua Muslim Selandia Baru terjadi pada 1950-1960-an. Ada sejumlah besar Muslim asal Semenanjung Balkan, seperti Bosnia, Kosovar, dan Albania, yang melarikan diri dari rezim komunis.

Pada 1970-an, populasi Muslim meningkat dengan pertambahan imigran dari India dan Fiji. Juga, para siswa dari negara- negara Muslim yang belajar di universitas Selandia Baru. Untuk pertama kalinya, sensus 1976 mencatat populasi Mu slim mencapai angka ribuan (1.425 jiwa).

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement