Ahad 12 Mar 2017 14:22 WIB

Curang

Jangan Hidup Curang (ilustrasi).
Foto: Blogspot.com
Jangan Hidup Curang (ilustrasi).

Oleh Iu Rusliana

 

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Suatu pagi, Rasulullah SAW bersama sahabat sedang mengunjungi pasar. Dilihatnya makanan di seorang pedagang yang atasnya bagus, tapi di bawahnya sudah jelek, busuk. Rupanya, pedagang itu dengan sengaja hendak menipu.

Rasulullah SAW pun bertanya dan dijawab oleh pedagang itu dengan alasan bahwa makanan itu basah karena terkena hujan. Rasulullah tahu bahwa itu merupakan tindak curang pedagang tersebut dan bersabda: . Barang siapa yang menipu kami, berarti bukan termasuk golongan kami.

   

Kisah masyhur di atas memberikan pelajaran tentang pentingnya berlaku jujur. Berusahalah agar tidak berlaku curang. Sungguh, sangat menakutkan sekali jika kita tidak diakui sebagai golongan umat Rasulullah SAW. Jauhlah keselamatan itu bagi kita. Tentu saja, hikmah dari kisah ini tidak hanya ditujukan kepada para pedagang, tapi kepada profesi apa pun yang tengah dijalani.

Dengan tetangga atau teman, boleh jadi kita pernah curang atau saat melayani masyarakat, atasan ke bawahan, atau bawahan ke atasan, menjadi penyelenggara pemilu, penegak hukum, juga profesi-profesi lainnya yang boleh jadi tindakan curang dilakukan dan itu tak disadari. Segeralah diperbaiki sistemnya begitu kita menyadari dan bila bersifat personal, mintalah maaf. Perkara kemudian orang tersebut tidak memaafkan, biarlah Allah SWT yang menilainya.

 

Alquran surah al-Muthaffifin telah memperingatkan kita dengan keras untuk menghindari sifat curang. Kecelakaan besarlah bagi orang-orang yang curang; (yaitu) orang-orang yang apabila menerima takaran dari orang lain mereka minta dipenuhi; dan apabila mereka menakar atau menimbang untuk orang lain mereka mengurangi. Tidaklah orang-orang itu menyangka bahwa sesungguhnya mereka akan dibangkitkan pada suatu hari yang besar, (yaitu) hari (ketika) manusia berdiri menghadap Tuhan semesta alam. (QS al-Muthaffifin [83]: 1-6).

Sedari awal, Allah SWT sudah memperingatkan bahwa manusia memiliki sifat ingin untung sendiri. Bukan hanya mungkin dilakukan pedagang, pembeli pun bisa melakukannya. Pengertian pedagang dan pembeli pun bukan sekadar dalam pengertian umum, sebagaimana dipahami. Lebih dari itu, dimaknai juga dalam pengertian pelayanan di birokrasi, pelayanan publik, atau interaksi mualamah lainnya. Di mana, ada pihak yang dilayani dan melayani. Ketika terjadi kecurangan, ada yang dirugikan ada yang diuntungkan. Islam jelas dan tegas melarang hal itu terjadi.

Bahkan, melalui ayat tersebut, Allah SWT telah memperingatkan bahwa perilaku curang itu akan membawa kepada kecelakaan. Bukan hanya kecelakaan di dunia, tapi juga di akhirat. Untuk itu, jujur dan jagalah amanah. Amanah merupakan fondasi kesuksesakan.

Sikap amanah, menjaga integritas itu harus dikembangkan ke arah yang lebih bermanfaat. Misalnya, dalam setiap praktik bisnis mesti dipenuhi dengan kejujuran, kesederhanaan, dan menjunjung tinggi etika kebenaran. Saat berada di arena politik, tidak menggunakan cara-cara salah dan melanggar hukum. Menjadi guru atau dosen, mendidik dengan sungguh-sungguh, memberikan penilaian dengan objektif.

Lebih lanjut, mampu mengembangkan etos kerja yang berorientasi pada kemajuan dan keunggulan kinerja. Dijadikan kekuatan pendorong yang kuat untuk menancapkan motivasi dan etos kerja yang selalu mengacu pada prestasi terbaik. Sebuah niat suci, persembahan kinerja istimewa dengan dilatari oleh niat suci untuk beribadah kepada-Nya. Sadarilah, curang kepada orang lain sesungguhnya tengah curang pada diri sendiri, juga merupakan bentuk pengingkaran kepada amanah yang diberikan oleh Yang Maha Adil. Wallaahu a'lam. n

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement