Sunday, 17 Rajab 1440 / 24 March 2019

Sunday, 17 Rajab 1440 / 24 March 2019

Umat Islam Bulgaria Mendamba Masjid Baru

Jumat 15 Feb 2019 08:43 WIB

Red: Agung Sasongko

Masjid Banya Bashi di Kota Sofia, Bulgaria

Masjid Banya Bashi di Kota Sofia, Bulgaria

Masjid Agung Banya Bashi tak lagi sanggup menampung jamaah.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Saat ini, umat Muslim yang menetap di Kota Sofia tengah mendambakan hadirnya masjid yang baru. Menurut Sekretaris Jenderal Mulim Bulgaria, Hyussein Hafuzov, bangunan  Masjid Banya Bashi – satu-satunya tempat ibadah umat Islam di ibu kota Bulgaria – sudah tak mampu lagi menampung jamaah, terutama ketika hari Jumat dan hari-hari raya keislaman.

Sehingga, kata Hafuzov, umat Islam meminta agar Pemerintah Kota Sofia mendukung pembangunan masjid kedua bagi umat Islam di kota itu.

Baca: Umat Islam Mulai Berperan di Berbagai Bidang

Saat ini, kata dia, setiap hari Jumat, Masjid Banya Bashi dipenuhi sekitar 1.500 jamaah. Lantaran tak tertampung, akhirnya banyak jamaah yang terpaksa shalat di luar masjid dan pinggir jalan.

Ini karena ruangan masjid tak mampu menampung seluruh jamaah, ungkap Hafuzov. Tokoh Muslim Bulgaria mengimbau agar umat Islam tak terprovokasi dengan serangan yang dilakukan para pendukung partai yang anti-Islam.

Baca JUga: Masjid Agung Banya Bashi Pernah Jadi Korban Lemparan Batu

Selain membutuhkan bangunan masjid yang baru, umat Islam di Bulgaria juga mendambakan hadirnya madrasah-madrasah yang dapat mendidik anak-anak mereka sesuai ajaran Islam.

Sumber : Islam Digest Republika
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA