Senin 03 Jan 2011 12:01 WIB

Pesantren Harus Jadi Agen Perubahan di Masyarakat

Pesantren
Foto: Arief Priyoko/Antara
Pesantren

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG-- Gubernur Jawa Barat,  Ahmad Heryawan, menyatakan pondok pesantren atau pontren merupakan agen perubahan dalam pembangunan di wilayah masing-masing.

"Peran pondok pesantren dalam pembangunan sangat strategis, banyak bukti yang menonjolkan peran pontren dan kiprah pembangunan, khususnya di Jabar," kata Gubernur Heryawan di Bandung, Ahad (2/1).

Menurut Heryawan, kepercayaan masyarakat atas institusi pontren semakin memperkuat eksistensinya sebagai tempat yang menempa kader pembangunan.

Sehingga, kata dia, pesantren merupakan mitra strategis pemerintah dalam mewujudkan masyarakat yang mandiri, dinamis dan sejahtera.

Realisasi kemitraan pontren dan pemerintah digelar dalam kegiatan silaturahim pimpinan pondok pesantren se-Jawa Barat dalam rangka Milad ke-37 dan Reuni Akbar Ponpes Pembangunan Sumur Bandung, Sabtu (1/1).

Kegiatan itu dirangkai dengan pencanangan "Gerakan Santri Menanam Pohon". Heryawan berharap gerakan santri menanam (eco-Pesantren) yang diikuti dengan kegiatan seminar dan diskusi dapat lebih meningkatkan kemandirian pesantren, sekaligus memantapkan peran pondok pesantren sebagai agen perubahan masyarakat.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement