Jumat 31 Dec 2010 08:32 WIB

Di Seluruh Dunia, Warga Palestina Capai 11 Juta Jiwa

Warga Palestina di Gaza
Foto: sahabatalaqsha
Warga Palestina di Gaza

REPUBLIKA.CO.ID,RAMALLAH--Jumlah warga negara Palestina di seluruh dunia mencapai 11 juta jiwa, kata sebuah laporan pada Kamis. Sebanyak lebih dari separuh warga Palestina tinggal di luar negara Palestina, kata laporan yang disiarkan oleh Badan Pusat Statistik Palestina.

Menurut laporan itu, di dalam wilayah Palestina terdapat 4,1 juta warga Palestina yang terdiri dari 2,5 juta orang yang tinggal di Tepi Barat dan 1,6 juta orang hidup di kawasan Jalur Gaza.

Selain itu di wilayah Israel terdapat 1,4 juta warga Palestina, sedangkan mereka yang tinggal di negara-negara Arab berjumlah sebanyak lima juta jiwa serta sejumlah 600.000 warga Palestina hidup di negara asing lainnya.

Faktor demografi selalu menjadi masalah dalam pertikaian antara Palestina dan Israel. Pada akhir 2010, sebanyak 5,5 juta warga Palestina tinggal di wilayah Palestina dan Israel sedangkan jumlah warga Israel di kawasan tersebut sebanyak 5,7 juta, kata laporan itu. Warga Palestina berharap untuk memproklamasikan kedaulatan negaranya di kawasan yang dijajah oleh Israel sejak 1967.

Israel dan Amerika Serikat mengatakan bahwa negara Palestina harus turut andil kepada solusi yang disepakati yang terhenti pada September akibat Israel melanjutkan pendirian bangunan di Tepi Barat.

sumber : ant/Xinhua-OANA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement