Jumat 03 Dec 2010 06:52 WIB

ICMI Ajak Pemda Adopsi Konsep Kota Halal

ICMI
ICMI

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR--Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) mengajak pemerintah daerah baik kabupaten, kota maupun provinsi di Indonesia mengadopsi konsep kota "halal" yang digagas Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat (Jabar). Ketua Panitia Lokal Muktamar ke-V ICMI, Abidin Said di Bogor, Kamis, mengemukakan, pihaknya mengimbau agar kabupaten dan kota maupun provinsi mengembangkan konsep kota halal guna mewujudkan pemerintahan yang baik.

"Kami merekomendasikan agar semua kabupaten, kota dan provinsi di Indonesia mengadopsi konsep kota halal," tegas Abidin Said.

Menurut Abidin Said, pengadopsian konsep kota halal penting sebagai upaya memberi pelayanan yang terbaik bagi masyarakat. Kota halal yang dimaksud ICMI yaitu halal di bidang pangan dengan mendorong Pemda melakukan pengaturan ketat terhadap peredaran pangan di masyarakat, agar yang diperdagangkan dan dikonsumsi hanya yang telah dijamin kehalalannya.

"Pangan halal akan memberi luaran baik bagi yang mengonsumsinya. Selain akan memberi asupan vitamin yang baik juga akan menjadi energi positif yang mendorongnya selalu melakukan hal-hal yang baik," ujar Abidin yang juga menjabat sebagai sekretaris Orwilsus ICMI Bogor.

Dia mengutarakan, sedangkan halal pemerintahan dimaksud ICMI adalah dengan mewujudkan konsep pemerintahan halal, ICMI mengharapkan para birokrat baik di pusat maupun daerah menjauhkan diri dari perilaku yang dilarang Islam seperti korupsi dan kolusi.

Oleh karena itu, ICMI merekomendasikan agar gagasan kota halal pangan dan halal pemerintahan diadopsi dengan baik oleh semua daerah, guna mewujudkan perbaikan tata kelola pemerintahan.

Rekomendasi pengembangan kota halal pangan dan halal pemerintahan yang dilakukan ICMI merupakan hasil Seminar Kota Halal yang dilakukan Panitia Muktamar ke-V ICMI di Kota Bogor pada 10 November 2010.

Muktamar ke-V ICMI rencananya akan dilangsungkan di Kota Bogor pada 4-7 Desember 2010. Pembukaan Muktamar akan dilakukan Wakil Presiden Boediono di Istana Bogor, sedangkan rangkaian seminar dan kegiatan terkait akan dipusatkan di IPB International Convention Center, Botani Square.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement