Rabu 10 Nov 2010 18:01 WIB

Vatikan Pamerkan Koleksi Alquran Abad ke-7

Rep: c41/ Red: Krisman Purwoko

REPUBLIKA.CO.ID,VATIKAN--Pecinta buku kuno, kertas perkamen, dan ilustrasi dapat merasakan sensasi nyata seorang peneliti sdaat menyentuh berbagai dokumen paling langka di dunia di sebuah pameran harta Perpustakaan Vatikan bertajuk “Memahami Perpustakaan Vatikan: Sejarah Terbuka untuk Masa Depan”. Halaman Alquran dari abad ke-7 termasuk di antara koleksi yang dipamerkan.

Tidak perlu membawa sarung tangan putih karena pihak Perpustakaan Vatikan mengijinkan untuk menyentuh langsung sehingga dapat meningkatkan sensasi keaslian, sekalipun dokumen yang dapat disentuh merupakan faksimili berkualitas tinggi.

Pameran, terbuka untuk umum pada Rabu ini di St. Peter’s Square, menciptakan kembali sebuah versi mini dari kamar Perpustakaan Vatikan, yang menampung lebih dari 1,6 juta buku langka, manuskrip, koin, edisi pertama, dan segel lilin.

Di antara dokumen faksimili yang dapat disentuh adalah Latinus Borgianus, sebuah missal yang pergunakan saat Natal yang khusus dibuat bagi Paus Alexander VI, yang menjadi paus pada 1492, tahun yang sama saat Columbus menemukan benua Amerika.

sumber : reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement