Sabtu 02 Oct 2010 01:39 WIB

3192 Calon Jamaah Haji DIY Ikuti Pemantapan Kloter

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Djibril Muhammad
Jamaah haji Thailand
Foto: Washington Post
Jamaah haji Thailand

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Sebanyak 3192 calon jamaah haji DIY yang  rencananya akan berangkat dalam dua gelombang (24-28 Oktober) mengikuti pemantapan kloter di Asrama Haji Yogyakarta mulai Jum'at (1/10).

''Calon jamaah haji dari DIY ada sembilan kloter (kloter 44 sampai kloter 52). Setiap kloter mengikuti pemantapan kloter selama sehari. Sehingga diharapkan para calon jamaah haji yang satu kloter hubungannya bisa lebih baik, bisa saling mengenal dan karena mereka satu pesawat bisa saling tolong menolong,'' kata Kasie Penyuluhan Haji dan Umroh Kanwil Kementerian Agama Provinsi DIY Aidi Johansyah pada Republika, Jum'at (1/10).

Pemantapan kloter yang dilaksanakan oleh oleh provinsi baru pertama kali ini, biasanya diselenggarakan oleh setiap kabupaten/ kota. Karena sekarang setiap kloter calon jamaah hajinya ada yang berasal dari dua kabupaten. Misalnya, Kloter 45 gabungan calon jamaah haji Kabupaten Bantul dan Gunungkidul, Kloter 49 gabungan calon jamaah haji dari Kabupaten Kulonprogo dan Sleman, Kloter 50 gabungan calon jamaah haji dari Kabupaten Sleman dan Kota Yogyakarta, Kloter 52 gabungan calon jamaah haji dari Bantul, Sleman dan Salatiga.

Menurut Aidi, DIY mendapat quota tambahan untuk calon jamaah haji DIY dari Pusat sebanyak 31 orang. ''Sehingga untuk sementara jumlah calon jamaah haji yang dipastikan akan berangkat sampai hari ini sebanyak 3192  orang. Namun biasanya ada tambahan dari Pusat,'' jelas dia.

Untuk pemberian vaksinasi meningitis para calon jamaah haji dilakukan di Kabupaten/kota dan pelaksananya Dinas Kabupaten/kota. Sebagian besar calon jamaah haji sudah mendapatkan vaksin meningitis. Sementara yang belum selesai melaksanakan vaksinasi meningitis hanya di wilayah Sleman, karena jumlah calon jamaah hajinya terbanyak.

''Sementara itu persyaratan lainnya seperti paspor dan lain-lain Insya Allah sudah selesai semua. Demikian juga petugas hajinya juga sudah siap,'' kata Aidi.

Jarak antara mahtab dengan Masjidil Haram calon jamaah haji dari DIY lebih dekat dibandingkan tahun lalu yang mencapai 7000 meter yaitu paling jauh sekitar 4000 meter.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement