Kamis 30 Sep 2010 20:14 WIB

Masya Allah, Kartun Nabi Muhammad akan Dicetak Ulang Jyllands-Posten

Rep: Al Arabiya/ Red: Budi Raharjo
Demo umat Islam mengecam kartun Nabi Muhammad yang diterbitkan Jyllands-Posten
Foto: Al arabiya
Demo umat Islam mengecam kartun Nabi Muhammad yang diterbitkan Jyllands-Posten

REPUBLIKA.CO.ID,KOPENHAGEN--Surat kabar Denmark Jyllands-Posten seakan tidak pernah bosan untuk menghina umat Islam. Mereka berniat mencetak ulang buku kartun tentang Nabi Muhammad yang pernah menimbulkan kontroversi di di seluruh dunia beberapa tahun lalu.

''Buku ini segera keluar seperti yang direncanakan,'' ujar Karsten Blauert dari Jyllands-Posten kepada AFP. 'Tirani kesunyian' yang dikeluarkan Kamis, lima tahun sejak hari pertama kali kartun Nabi Muhammad muncul di koran Jyllands-Posten.

Meskipun tidak akan mencetak ulang gambar secara terpisah, Blauert mengatakan, isi halaman dari buku itu akan menampilkan gambar-gambar kartun Nabi Muhammad yang pernah dimuat surat kabar itu. Ditanya mengenai reaksi keras yang bisa muncul dari penerbitan ulang buku ini, dia tampak meremehkannya. Dia berkata, ''Sudah jelas bahwa banyak hal yang akan terjadi, tapi semuanya sudah berjalan sesuai rencana, itu tak akan mengubahnya.''

Buku ini dibuat oleh Flemming Rose, redaktur budaya Jyllands-Posten. Dia lah yang mengeditor12 kartun Nabi Muhammad di halaman depan koran itu pada pada 30 September 2005. Akibat pemuatan kartun itu, Muslim di seluruh dunia mengecam koran itu dan menyesalkan Denmark yang membiarkan itu terjadi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement