Ahad 30 May 2010 00:12 WIB

1.300 Peserta Ikuti Pekan Olahraga Santri

Rep: maspril/ Red: irf

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG--Pekan Olahraga dan Seni Pondok Pesantren Daerah (Pospeda) Sumatera Selatan (Sumsel) tahun 2010 kembali digelar. Kali ini merupakan Pospeda III akan diikuti 1328 santriwan dan santriwati terbaik dari 14 pondok pesantren yang ada di daerah tersebut.

 

Ketua Panpel Pospeda III Aidit Azis yang didampingi Sekretaris Akhmad Yusuf , Sabtu (29/5) menjelaskan, Popseda yang berlangsung dua tahun sekali ini akan dibuka Gubernur Sumsel Alex Noerdin pada 31 Mei 2010. Pada Pospeda III ini para  atlet-atlet dan seniman dari pondok pesantren yang ada di Sumsel akan bertanding pada 12 cabang olahraga dan 7 cabang seni.

Untuk cabang olahraga yang dipertandingkan adalah atletik, senam santri, renang, sepakbola, sepaktakraw, bola voli, bola basket, bulutangkis, catur, karate, tenis meja, dan pencak silat. Untuk cabang seni menurut Akhmad Yusuf, mempertandingkan cabang qasidah rebana dan qasidah alternatif, kaligrafi murni, seni lukis kaligrafi, dan kaligrafi kolase, pidato tiga bahasa (Inggris, Arab, Indonesia), puitisasi terjemahan Al Quran, lomba cipta puisi isi kandungan Al Quran, seni kerajinan, dan fotografi.

 

Pospeda III tahun 2010 kali diselenggarakan bersama oleh Pemerintah Provinsi Sumsel melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), Kanwil Kementrian Agama Provinsi Sumsel dan Forum Pondok Pesantren. Menurut Kepala Dinas  Pemuda dan Olahraga Sumsel Musni Wijaya, Pospeda yang berlangsung sampai  3 Juni 2010 ini menjadi ajang seleksi untuk Pospenas V yang akan berlangsung di Surabaya pada Juli 2010.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement