Kamis 02 Feb 2023 19:52 WIB

Pria Kulit Hitam Kembali Dibunuh, Muslim Amerika Serukan Reformasi Sistemik Kepolisian

Tyre Nichols meninggal usai dipukuli lima orang polisi.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Seorang Muslim berjalan melintas di depan petugas polisi kota New York (NYPD) yang sedang bertugas. Pria Kulit Hitam Kembali Dibunuh, Muslim Amerika Serukan Reformasi Sistemik Kepolisian
Foto: newsone.com
Seorang Muslim berjalan melintas di depan petugas polisi kota New York (NYPD) yang sedang bertugas. Pria Kulit Hitam Kembali Dibunuh, Muslim Amerika Serukan Reformasi Sistemik Kepolisian

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Kelompok Muslim di AS menyerukan reformasi penegakan hukum sistemik di tingkat lokal, negara bagian, dan federal usai polisi membunuh pria kulit hitam Amerika lainnya, Tyre Nichols (29 tahun) pada 7 Januari 2023.

Dilansir di Anadolu Agency, Kamis (2/2/2023), Dewan Organisasi Muslim AS (USCMO) merilis pernyataan tertulis pada Selasa yang menyatakan mereka menyambut baik departemen kepolisian Memphis dan tindakan cepat jaksa setempat untuk memberhentikan dan menuntut petugas polisi yang melakukan pelanggaran.

Baca Juga

"Lagi-lagi, korban tak berdaya lainnya terbunuh saat dikelilingi oleh orang-orang bersenjata lengkap, memohon belas kasihan dan memanggil ibunya yang rumahnya berjarak kurang dari seratus meter. Sekali lagi, sekelompok petugas polisi tak bertanggung jawab, menyeret seorang pria dari mobilnya, dan memberikan pukulan brutal, tendangan boot, dan pukulan ke tubuhnya," kata pernyataan itu.

Seorang petugas polisi militer telah memukuli sampai mati seorang pria yang tidak sehat lagi (Tyre menderita penyakit Crohn hingga tubuhnya kurus kering). Dalam waktu genting setelah itu tidak memberikan perawatan kepadanya selama lebih dari 20 menit.

Pernyataan tersebut menekankan semua sektor masyarakat mencari reformasi legislatif yang ketat dengan membatasi penegakan hukum di tingkat lokal dan federal dan memberikan perhatian pada kontak negara yang lama dan fatal dengan polisi, terutama dengan orang kulit hitam Amerika.

Hentikan kekerasan

Orang kulit hitam Amerika menyerukan pengekangan hukum federal dan negara bagian yang ketat atau bahkan perubahan aparatur secara besar-besaran di setiap tingkat dan ratifikasi perlindungan yang ditegakkan dengan kukuh dan teliti untuk semua publik dalam interaksi kepolisian mereka dengan negara bagian.

"Ini berarti kita (Muslim Amerika) harus menciptakan sarana untuk mengakhiri budaya agresi dan dehumanisasi orang kulit hitam yang terlalu lazim. Tidak masalah apakah petugas yang melanggar itu berkulit putih, hitam, atau ras lain. Masalah budaya memvalidasi agresi terhadap populasi minoritasnya," kata pernyataan itu.

Tercatat kelompok mereka mendukung upaya mereformasi undang-undang, kebijakan, pelatihan, dan departemen untuk menghentikan pola kekerasan ini dan menyelamatkan nyawa di seluruh Amerika.

Nichols meninggal pada 10 Januari, tiga hari setelah dipukuli oleh lima petugas polisi saat berhenti di Memphis di negara bagian Tennessee. Sebuah video yang dirilis Jumat menunjukkan lima petugas menarik Nichols dan melemparkannya ke tanah, mencoba memborgolnya dan menggunakan alat kejut listrik sebelum dia mencoba melarikan diri tetapi kemudian ditangkap dan dipukuli. Nichols terdengar memanggil "Bu!" saat petugas meninju, menendang wajahnya, menyemprotkan merica dan memukulnya dengan tongkat sebelum tubuhnya lemas.

 

sumber : https://www.aa.com.tr/en/world/muslim-american-group-calls-for-systemic-reform-after-police-killing-of-tyre-nichols/2803155
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement