Kamis , 16 November 2017, 05:03 WIB

Meriahkan Hari Kesehatan Nasional dengan Menanam Toga

Red: Gita Amanda
Rumah Zakat
kader Unit Kesehatan Sekolah (UKS) dari SD Sukoharjo 2 Kota Malang memperingati Hari Kesehatan Nasional dengan menaman Toga.
kader Unit Kesehatan Sekolah (UKS) dari SD Sukoharjo 2 Kota Malang memperingati Hari Kesehatan Nasional dengan menaman Toga.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Para kader Unit Kesehatan Sekolah (UKS) dari SD Sukoharjo 2 Kota Malang memperingati Hari Kesehatan Nasional. Namun peringatan kali ini dilakukan dengan cara unik yakni belajar menanam Tanaman Obat Keluarga (Toga), pada Ahad (12/11) lalu.

Sebelumnya, mereka juga mendapat edukasi tentang Toga dari Kak Tulus, relawan Rumah Zakat dan Cita Sehat. Usai edukasi, para siswa langsung mempraktikkan materi yang telah diajarkan yaitu menanam Toga di pekarangan sekolah.

Tanaman yang ditanam di antaranya daun kelor, jahe, lidah buaya dan seledri. Daun kelor biasa digunakan untuk reumatik dan sakit mata, jahe bisa digunakan untuk rempah dan obat perut kembung serta migrain, lidah buaya digunakan untuk perawatan rambut serta seledri bisa digunakan untuk membantu menurunkan kadar kolesterol.

“Seneng banget bisa ikut menanam Tanaman Obat Keluarga atau Toga. Aku jadi  tahu manfaat tanaman yang bisa digunakan untuk obat-obatan,” tutur Nendra, salah satu kader UKS SD Sukoharjo 2.

Berita Terkait