Kamis , 16 March 2017, 21:34 WIB

Bambang Sudibyo, Sekjen WZF Periode 2017-2020

Rep: Fuji E Permana/ Red: Agung Sasongko
Republika/Agung Supriyanto
Bambang Sudibyo
Bambang Sudibyo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- World Zakat Forum (WZF) telah selesai diselenggarakan di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta sejak 14-16 Maret 2017. Selain membahas berbagai persoalan zakat di dunia, WZF tahun ini juga melaksanakan pemilihan pengurus WZF baru.

Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Bambang Sudibyo terpilih sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) WZF periode 2017-2020. Sebelumnya, posisi Sekjen WZF periode 2014-2017 diduduki Ahmad Juwaini.

Ahmad menyampaikan alasan terpilihnya Bambang sebagai Sekjen WZF yang baru. Menurutnya, karena potensi beliau sangat bagus dan kuat. Beliau menjadi menteri Republik Indonesia dua kali, di antaranya Menteri Keuangan dan Menteri Pendidikan. Sehingga, pengenalan beliau dengan tokoh-tokoh nasional sudah pasti luas.

"Pasti jaringan-jaringan di luar negeri juga cukup besar sehingga kita berharap dengan kepemimpinan beliau ini WZF akan sangat terbantu dalam kaitan-kaitan yang urusannya dengan keperluan-keperluan di tingkat nasional dan Internasional," kata Ahmad kepada Republika.co.id usai penutupan WZF, Kamis (16/3).

Anggota Baznas, Nana Mintarti juga menyampaikan, terpilihnya Bambang tidak terlepas dari kapabilitas persoalan beliau dan juga tidak terlepas dari kapabilitas lembaga. Artinya, semua berharap dengan jangkar WZF di Indonesia melalui Baznas, secara kekuatan akan menjadi lebih kuat.

"Secara jaringan, secara pengaturan regulasi, dukungan antar negara Internasional, harapannya dengan kapasitas personal Pak Bambang dan Baznas bisa menjadi lebih mudah," ujarnya.

Sementara, Deputi Sekretaris Jenderal WZF periode 2017-2020 yang terpilih di antaranya, Tuan Haji Moh Rais Haji Alias, Saleh Ali Alwaji, Elnur Salihovic, Abdeslam Ballaji, Muhammad Lawal Maidoki, Shaikh Abdurraziq Mukhtar dan Assoc Prof Isharaf Hossain.