Rabu 20 Apr 2016 21:44 WIB

Lazis PLN Salurkan Beasiswa Rp 35 Miliar

Lazis PLN salurkan bantuan bagi siswa berprestasi
Foto: Dok PLN
Lazis PLN salurkan bantuan bagi siswa berprestasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah (LAZIS) PLN menyalurkan bantuan pendidikan sebesar Rp 35 miliar bagi 1.750 mahasiswa dari berbagai program studi pada 33 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Indonesia.  Sasaran penerima program ini adalah mahasiswa yang ekonominya kurang mampu (dhuafa), namun memiliki prestasi akademik yang baik.

Di Jawa Tengah, acara penyerahan beasiswa dilaksanakan pada Senin (18/4) di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Komplek Kantor Gubernur Jawa Tengah, Semarang.  Beasiswa diberikan secara simbolis dan disaksikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo,  Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Tengah PLN Nasri Sebayang dan General Manager PLN Distribusi Jawa Tengah dan DIY Dwi Kusnanto. “Beasiswa ini diharapkan dapat memotivasi para penerimanya dari yang semula penerima zakat menjadi pembayar zakat," kata Nasri Sebayang, melalui keterangan tertulisnya.

Pemberian beasiswa Cahaya Pintar LAZIS PLN di Jawa Tengah diberikan kepada 200 mahasiswa dari 4 universitas negeri dan swasta, yaitu Universitas Diponegoro (UNDIP), Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA), Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dan Institut Agama Islam Negeri. Total bantuan yang diberikan adalah senilai Rp 4 miliar.

Sumber dana beasiswa Cahaya Pintar berasal dari dana zakat para pegawai Muslim PLN se-Indonesia melalui kebijakan Direksi yang memfasilitasi pemotongan zakat dari penghasilan pegawai secara otomatis terpusat (automatic payrollsystem).

Manajemen PLN berharap kegiatan ini dapat mempererat tali silaturahim dan kerjasama antar LAZIS PLN dengan pemerintah daerah serta institusi pendidikan untuk melahirkan generasi muda Indonesia yang berkualitas. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berharap agar para mahasiswa penerima beasiswa dapat memanfaatkannya dengan baik dan mempertahankan prestasi yang telah diraih selama ini.

LAZIS PLN juga menyalurkan bantuan program pesantren bersih dan kaderisasi dakwah kepada 4 pondok pesantren dengan total nilai Rp 200 juta, Bantuan untuk SMK Nurul Barqi senilai Rp 260 juta, serta bantuan berupa program pemberdayaan masyarakat kelompok tani di 4 Kampung Lereng Gunung Merbabu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement