Rabu 06 May 2015 00:17 WIB

Baznas Kota Padang Beri Beasiswa Ribuan Pelajar

Petugas sedang melayani pembayar zakat di Baznas, Jakarta, Rabu (1/4).
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Petugas sedang melayani pembayar zakat di Baznas, Jakarta, Rabu (1/4).

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), akan memberikan beasiswa kepada 3.070 pelajar di daerah itu tahun 2015. "Beasiswa ini merupakan bantuan kepada pelajar di Padang yang kurang mampu," kata Wakil Ketua IV Baznas Padang, Siril Firdaus di Padang, Selasa Malam.

Ia mengatakan, untuk tahun 2015, masing-masing sekolah akan mendaftarkan lima orang siswanya untuk mendapatkan beasiswa. Jumlah penerima untuk sekolah dasar (SD) sederajat sebanyak 2.010 siswa dari 410 sekolah.

Untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat, jumlah penerima beasiswa Baznas adalah sebanyak 515 dari 103 sekolah. Untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat, jumlah penerima beasiswa adalah sebanyak 505 siswa dari 101 sekolah.

Sedangkan untuk perguruan tinggi, katanya, Baznas tidak membatasi jumlah penerima dari kampus, hanya saja jumlah maksimal penerima untuk perguruan tinggi sebanyak 100 orang pada 2015. Ia menjelaskan, beasiswa ini akan diberikan per semester untuk sekolah, sedangkan untuk perguruan tinggi akan diberikan sekali setahun.

"Untuk SD sederajat akan menerima Rp300 ribu, SMP sederajat Rp400 ribu, SMA sederajat Rp500 ribu per semester. Untuk sarjana (S1) akan menerima Rp1,5 juta dan S2 sebesar Rp2 juta per tahun," jelasnya.

Ia menyebutkan, biaya untuk perguruan tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan biaya sekolah, makanya beasiswa yang diterima oleh perguruan tinggi juga lebih besar dari yang diterima sekolah. Ia menambahkan, syarat penerima beasiswa Baznas ini harus beragama Islam, berdomisili di Padang dan merupakan siswa yang orang tuanya kurang mampu.

"Siswa yang akan menerima beasiswa ini merupakan usulan dari sekolah, tetapi harus memenuhi syarat dari Baznas," jelasnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement