Rabu 11 Apr 2018 13:21 WIB

Dompet Dhuafa Dirikan Pesantren Mualaf

Pesantren ini bertujuan memfasilitasi para mualaf agar mengenal Islam lebih dalam.

Pesantren mualaf (Ilustrasi)
Pesantren mualaf (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Memfasilitasi para mualaf tidaklah mudah. Masyarakat masih tabu mendengar mualaf. Tidak jarang diskriminasi terhadap mereka, mulai dari keluarga sendiri hingga saat mencari pengetahuan tentang Islam. Melihat kebutuhan tersebut, Dompet Dhuafa merangkul dan mendampingi para mualaf untuk lebih memahami keyakinan yang kini dijalaninya.

Direktur Dakwah dan Layanan Tanggap Darurat Dompet Dhuafa, Ahmad Shonhaji mengatakan, pihaknya meresmikan pesantren mualaf yang bertujuan memfasilitasi para mualaf agar lebih mengenal Islam lebih dalam, serta memahamkan kepada mereka bahwa Islam rahmatan lil-alamin.

"Wisma Mualaf, terletak di kawasan Bintaro. Pesantren mualaf merupakan upaya optimalisasi pemanfaatan dan pengelolaan aset wakaf yang diamanahkan wakif ke Dompet Dhuafa untuk pembinaan dan pengembangan mualaf," ujarnya saat acara peresmian di Jakarta, Rabu (11/4).

Menurutnya, program pesantren mualaf akan bersinergi pula dengan lembaga mitra pembina mualaf yang ada di beberapa wilayah di Indonesia. Dengan sinergi yang baik diharapkan pembinaan mualaf akan saling melengkapi.

"Program Pesantren Mualaf Dompet Dhuafa juga menjadi wadah dan sarana untuk menggali lebih jauh potensi-potensi yang dimiliki oleh para muallaf," ucapnya.

Dalam program ini, ada beberapa unit kerja yang berada di bawah naungan Yayasan Dompet Dhuafa yang direncanakan terintegritas untuk kebermanfaatan para mualaf. Program pembinaan mualaf yang dilakukan Dompet Dhuafa menjadi aktivitas paralel dilakukan bersama dengan tim Corps Dai Dompet Dhuafa (Cordofa).

Wadah itu diharapkan menjadi tempat pembinaan untuk penguatan aqidah. Sekaligus pendalaman ilmu agama Islam, bimbingan membaca alquran dan juga ikhtiar kemandirian dengan pendidikan vokasional untuk membangun semangat kemandirian dan jiwa entrepreneurship bagi mualaf.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement