Selasa 30 Aug 2016 16:45 WIB

Bangkok Buka Hotel Halal Pertama

Juru masak meracik menu untuk tamu di hotel halal pertama di Bangkok, Al Meroz.
Foto: Reuters
Juru masak meracik menu untuk tamu di hotel halal pertama di Bangkok, Al Meroz.

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKOK -- Thailand baru saja memiliki hotel berlabel halal pertamanya di Bangkok. Hotel ini menyasar lebih banyak lagi turis Muslim ke Bangkok hingga meningkatkan sektor ekonomi.

Hampir 30 juta turis asing datang ke Thailand tahun lalu. Tapi hanya 658 ribu diantaranya datang dari Timur Tengah, dilansir dari Reuters, Selasa (30/8).

Hotel bintang empat Al Meroz yang buka sejak November lalu di Bangkok diharapkan bisa berperan menarik turis Timur Tengah ke Thailand. Ada 1,6 miliar Muslim di dunia. "Ini pasar yang besar sekali," ujar General Manager Al Meroz, Sanya Saengboon. Ia menambahkan, satu persen saja dari angka tersebut sudah cukup bagi bisnisnya untuk berjalan.

Al Meroz memiliki bangunan mirip masjid, dilengkapi dengan dua mushala dan tiga restoran halal. Harga kamar per malamnya mencapai 4.000 baht hingga 50 ribu baht. Atau Rp 1,5 juta hingga Rp 19,2 juta.

Tamu hotel Aamir Fazal (28), petugas keamanan asal Australia, mengatakan memiliki akses ke makanan halal adalah kenyamanan bagi pelancong Muslim di Thailand. Di sana pasalnya makanan halal tidak mudah didapat. "Pengalaman yang sangat menyenangkan. Ini adalah hotel halal pertama dan saya merasa ini luar biasa," katanya.

Thailand memang mengincar pasar wisata halal. Tahun lalu Thailand meluncurkan aplikasi mobile yang membantu turis mencari makanan halal dan atraksi yang cocok bagi turis Muslim.

Sejak tahun lalu ada peningkatan angka turis Timur Tengah ke Thailand sebanyak 10 persen dari 2015 ke 2014.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement