Senin 15 Aug 2016 18:11 WIB

Berpakaian Muslim, Kelompok Anti-Islam Australia Buat Rusuh Gereja

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Ani Nursalikah
Kelompok anti-Islam Australia Party of Freedom berpakaian Muslim dan berbuat onar di gereja.
Foto: Party for Freedom/abc
Kelompok anti-Islam Australia Party of Freedom berpakaian Muslim dan berbuat onar di gereja.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW SOUTH WALES -- Pemrotes sayap kanan dengan mengenakan pakaian Muslim mengejek dan meneriakkan slogan-slogan anti-Islam. Mereka menyerbu sebuah gereja di pantai timur Australia, Ahad (14/8). Para pengunjuk rasa membuat layanan di Gereja Anglikan Gosford di Sentral Coast, negara bagian New South Wales terganggu.

Seperti diberitakan laman BBC News, sekitar 10 orang memasuki gereja dan pura-pura berdoa sambil memainkan rekaman bacaan Alquran melalui pengeras suara. Mereka mengganggu misa pagi di gereja yang secara luas dikenal karena mendukung multikulturalisme, pengungsi dan pencari suaka.

Partai untuk Kebebasan yang merupakan anti-Islam dan anti-imigrasi mengunggah foto dan video insiden tersebut di media sosial, mengklaim insiden merupakan demonstrasi menentang dukungan gereja untuk para pemimpin Islam dan multikulturalisme. Di halaman Facebooknya, mereka menggunakan senator anti-imigrasi One Nation Pauline Hanson sebagai gambar profil.

Para perusuh menyindir kebijakan perbatasan garis keras Australia seperti tertulis "Neraka ada, dan itu di Nauru".

Pendeta Rod Bower mengatakan, anggota Partai untuk Kebebasan masuk ke dalam gereja sekitar pukul 09.30 pagi waktu setempat, setengah dari khotbahnya. "Menggunakan pengeras suara, mulai menyalahkan saya khususnya untuk pekerjaan yang kami lakukan, mereka melanggar ruang suci kami," ujarnya dilansir dari Sydney Morning Herald/, Senin (15/8).

Rod mengatakan insiden di gerejanya meneror para jamaah dan membuat beberapa cukup trauma, terutama orang tua. "Mereka terkejut," katanya kepada Australian Broadcasting Corp.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement