Ahad 29 Mar 2015 05:50 WIB

Chehel Sotoun, Kemegahan Istana 40 Pilar (1)

Rep: Amri Amrullah/ Red: Indah Wulandari
Istana Chehel Sotoun, Iran
Foto: trekearth
Istana Chehel Sotoun, Iran

REPUBLIKA.CO.ID,Bila di Bukhara terdapat masjid empat puluh pilar, yakni Bolo Hauz,  di kota Esfahan, Iran juga terdapat sebuah bangunan istana megah yang dikenal dengan Istana Empat Puluh Pilar.

Chehel Sotoun, merupakan sebuah istana paviliun megah dengan kolam air mancur berada di tengah taman istana. Chehel Sotoun merupakan istana yang dibangun oleh Shah Abbas II, memerintah 1642-1666 Masehi dari Dinasti Safawid.

Istana ini adalah empat dari 16 istana era Dinasti Safawi di Isfahan, yang masih ada dan terawat baik hingga kini. Chehel Sotoun ini dibangun sebagai tempat hiburan dan resepsi serta pertemuan penting raja Shah Abbas II saat itu.

Di Istana ini Shah Abbas II dan para penerusnya menerima para pejabat dan duta besar di salah satu ruang utama paviliun yang megah. Chehel Sotoun berdiri di atas lahan seluas 6,7 hektar.

Bangunan istana ini awalnya dibangun pada 1647 masehi, sempat mengalami kebakaran hebat dan akhirnya dibangun kembali pada 1706 Masehi.

Chehel Sotoun secara harfiah bahasa Persi memang berarti Empat Puluh Pilar. Nama ini diambil dari banyaknya pilar atau kolom-kolom kayu yang menopang bagian depan istana ini, walaupun jumlah pilar yang menopang pintu masuk paviliun depan istana hanya berjumlah dua puluh.

Istana ini dibangun dengan beberapa tahapan. Tahap pertama pembangunan diutamakan pada paviliun yang berada pada bagian belakang.

Tahapan selanjutnya pengerjaan dua ruang bagian samping yang mengapit bangunan utama, pada tahapan akhir konstruksi ditambahkan serambi depan dengan dua puluh pilar kayu. Serambi teras selebar tiga meter dengan lebih dari 17 meter, dua puluh pilar dari kayu pinus tersusun sejajar.

Pilar-pilar tersebut setinggi 40 meter dihiasi dengan kerajinan kaca dan pola dekorasi kayu berwarna. Karena pilar-pilar tersebut ditambahkan pada tahapan terakhir, banyaknya jumlah kolom inilah yang menjadi nama istana ini.

Dalam istilah Persia bagi kata 'empat puluh' sendiri bermakna banyak, untuk merepresentasikan istana ini dengan struktur pilar yang banyak di bandingkan istana lainnya. Disamping itu, yang membedakan Chehel Sotoun dengan istana lainnya, adalah dekorasi eksterior dan interior yang rumit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement