Jumat 15 Dec 2017 08:39 WIB

RSI PKU Muhammadiyah Geladi Posko di Palangka Raya

Logo Muhammadiyah.
Foto: Wikipedia
Logo Muhammadiyah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — RSI PKU Muhammadiyah Palangka Raya bersama Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) menyelenggarakan geladi posko di Kota Palangka Raya. Geladi posko akan diselenggarakan di aula Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMP) pada Jumat-Sabtu 15-16 Desember 2017.

Geladi posko ini merupakan bagian dari program Kesiapsiagaan Rumah Sakit dan Kesiapan Masyarakat untuk Kedaruratan dan Bencana (HPCRED) yang ditujukan untuk memperkuat kapasitas RSI PKU Muhammadiyah Palangka Raya dan masyarakat di sekitar rumah sakit, tepatnya di Kelurahan Langkai dan Menteng, Kota Palangka Raya.

Dalam siaran pers yang diterima, Jumat (15/12), Geladi posko ini bertujuan untuk menguji kapasitas dan kesiapsiagaan rumah sakit dan para pihak lembaga/instansi lain dalam penanggulangan bencana berdasarkan skenario latihan yang disesuaikan dengan permasalahan yang sebenarnya. Pada geladi posko di Kota Palangka Raya menggunakan kasus kebakaran berdasarkan potensi ancaman bencana di kota ini.

Geladi posko RSI PKU Muhammadiyah Palangka Raya diselenggarakan sebanyak 2 kali. Pertama, untuk menguji sistem penanganan respon bencana dengan skenario kebakaran di luar rumah sakit. Kedua, menguji sistem komando tanggap darurat di rumah sakit. 

Diharapkan melalui geladi posko ini, dapat meningkatkan kemampuan Tim Medis Bencana yang dimiliki RS PKU Muhammadiyah Palangka Raya dalam menyusun rencana operasi dan mengkoordinasikannya dengan instansi lain dalam situasi darurat.  Sekaligus menguji dokumen Rencana Penanggulangan Kedaruratan Bencana Rumah Sakit dan Rencana Kontingensi  yang telah disusun oleh RSI PKU Muhammadiyah Palangka Raya beserta dengan para pihak  penanggulangan bencana.

Geladi posko akan diikuti oleh Tim Medis Bencana RSI PKU Muhammadiyah Palangka Raya, pejabat struktural RSI PKU Muhammadiyah Palangka Raya, Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya dan Prov. Kalimantan Tengah, BPBD Kota Palangka Raya dan Prov. Kalimantan Tengah, Tim Siaga Bencana PWM Kalimantan Tengah, PMI, Polsek Pahandut, PLN Kota Palangka Raya, Dinas Pemadam Kebakaran Kota Palangka Raya. Akan hadir sebagai tim perancang dan tim penilai geladi posko adalah BNPB dan Kementerian Kesehatan beserta akademisi dari UGM.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement