Rabu 27 Sep 2017 12:57 WIB

Jambore Pesantren Expo Puncak Hari Santri Nasional

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agus Yulianto
Santri mengikuti kegiatan Hari Santri Nasional (Ilustrasi)
Foto: ANTARA FOTO/Syaiful Arif
Santri mengikuti kegiatan Hari Santri Nasional (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Asosiasi Pondok Pesantren se-Indonesia, Rabithah Ma''ahid Islamiyah (RMI) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) akan menyelenggarakan Jambore Pesantren Expo 2017 di Bandung pada 23-29 Oktober 2017. Jambore tersebut sebagai puncak acara peringatan Hari Santri Nasional 2017 yang mengusung tema Santri Mandiri, NKRI Hebat.

Ketua Hari Santri Nasional 2017, Ahmad Athoillah mengatakan, ribuan peserta akan hadir dari dari berbagai daerah di Indonesia untuk mengikuti Jambore Pesantren Expo 2017. Peserta jambore mungkin bisa sampai 7.000 orang dari kalangan santri dan masyarakat umum. Komunitas-komunitas lokal juga akan ikut memeriahkan acara puncak peringatan Hari Santri Nasional tersebut.

"Keikutsertaan komunitas-komunitas dan masyarakat umum untuk menujukan hari santri milik bersama," kata Ahmad kepada Republika saat Kopdar Jurnalis dan Aktivis Sosmed untuk Hari Santri Nasional di Jakarta, Selasa (26/9) malam.

Dia menerangkan, ada banyak pesantren yang akan tampil di Jambore Pesantren Expo 2017. Di antaranya, pesantren Teknik Informatika (IT), pesantren entrepreneur dan pesantren rehabilitasi. Bahkan ada pesantren yang menampung orang gila atau stres, nanti akan tampil juga di Jambore Pesantren Expo 2017.

Ada banyak lagi pesantren yang akan ditampilkan pada puncak peringatan hari santri tersebut. Juga akan ada pagelaran seni budaya dan workshop di Jambore Pesantren Expo 2017. Tujuannya untuk menunjukan kepada publik bahwa santri tidak hanya sekedar duduk di pesantren belajar agama saja. Santri juga bisa belajar hal-hal lain seperti IT dan entrepreneur.

"Ada juga beberapa santri yang menggunakan media sosial untuk berbisnis dan berdakwah. Menujukan kepada masyarakat umum bahwa pesantren tidak hanya sekedar belajar pendidikan," ujarnya.

Mengenai tema Hari Santri Nasional, Ahmad menerangkan, saat santri saat tinggal di pondok pesantren hidup secara mandiri. Kemandirian yang didapatnya di pondok pesantren bisa menjadi modal awal untuk santri tersebut terjun ke masyarakat. Jadi, santri mandiri nanti akan siap menghadapi tantangan zaman saat terjun ke masyarakat.

"Santri mandiri, mandiri itu dalam segi spiritual dan ketahanan dia menghadapi masalah selama waktu mondok di pesantren," ujarnya.

Kaitannya dengan NKRI hebat, kata Ahmad, dengan kemandirian yang dimiliki santri tersebut bisa mendorong dan memajukan perekonomian. Kalau santri bisa berbisnis dan memajukan perekonomian tentu bisa membuat NKRI lebih hebat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement