Sabtu 29 Apr 2017 19:45 WIB
Belajar Kitab

Keungggulan Kitab Tanqih al-Qawl al-Hatsits

Kitab (ilustrasi).
Foto: Wordpress.com
Kitab (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu kelebihan dari kitab ini, walaupun setiap bab hanya berisi 10 hadis, di dalamnya disertai dengan penjelasan dan hikayat-hikayat (cerita) yang berkaitan dengan topik yang dibahas. Dengan demikian, hal itu akan menambah semangat dan keyakinan bagi umat untuk mengamalkan dan menjalankan segala petunjuk yang dibahas dalam kitab tersebut.

Misalnya tentang keutamaan membaca dan mengamalkan kalimat tauhid Laa Ilaha Illallah, Syekh Nawawi menulis, ''Orang yang membiasakan membaca Laa Ilaha Illallah ketika masuk ke rumah, hal itu bisa menghancurkan kemiskinan. Dan, orang yang membaca Laa Ilaha Illallah dan memanjangkannya (terus-menerus), maka baginya akan dirobohkan 4000 dosa besar. Para sahabat bertanya, 'Wahai Nabi, jika dia sama sekali tidak memiliki dosa besar?' Nabi menjawab, 'Keluarga dan tetangganya akan diberi ampunan'.'' (HR Bukhari).

Kemudian, Syekh Nawawi mengutip hadis yang diriwayatkan oleh Tirmidzi, Ibnu Majahm Ibnu Hibban, dan Hakim dari Jabir RA. ''Zikir yang paling utama adalah Laa Ilaha Illallah dan doa yang paling utama adalah Alhamdulillah.''

Begitu juga ketika Syekh Nawawi membahas berbagai keutamaan lainnya. Berbagai hadis Rasulullah SAW mengenai topik yang dibahas dikaitkan dengan penjelasan Alquran.

Misalnya tentang keutamaan berdoa, Syekh Nawawi menyatakan, ''Doa itu merupakan otak ibadah.'' (HR Tirmidzi dari Anas, hadis sahih). Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam surah Al-Insyirah ayat 7-8. ''Maka, apabila kamu telah selesai (dari suatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (pada urusan) lain, dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap.''

Keunggulan lainnya adalah disebutkannya para perawi hadis (isnad) yang sahih. Menurut Syekh Nawawi, yang dimaksud dengan sahih adalah sanadnya lengkap dan perawinya adil. Sedangkan, yang dimaksud dengan isnad adalah menceritakan jalur matan hadis. Dan, sanad adalah jalur yang membuat sampai matan hadis.

Mengutip pendapat Imam Syafii, ''Orang yang mencari hadis tanpa sanad itu seperti pencari kayu bakar di malam hari yang memanggul kayunya, sementara dia tidak mengetahui di dalam tumpukan kayu itu ada ular.''

Keunggulan lain dari kitab ini adalah penjelasannya sangat perinci dan detail sehingga memudahkan pembaca mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement